Universal Maternal Health Coverage

Universal maternal health coverage: assessing the readiness of public health facilities to provide maternal health care in Indonesia (English)

mothers and babies at a posyandu in kupangIbu dan Anak pada kegiatan posyandu (sumber:aipmnh)Jurnal World Bank ini diterbitkan pada 1 Juli 2014 di Indonesia. Penyusunnya merupakan ahli dari World Bank dan Kementrian Kesehatan. Tim penyusun terdiri atas: Soewarta Kosen, Ingan Tarigan, Yuslely Usman, Tati Suryati, Endang Indriasih, Harimat, Idawati Muas, Retno Widyastuti, Merry Luciana, Tita Rosita, Dwi Hapsari, Ajay Tandon, Wei Nun Yap, Eko Pambudi, dan Puti Marzoeki.

Periode 2011-2013, Indonesia memiliki jaminan persalinan (Jampersal) untuk seluruh ibu hamil. Pelayanan kesehatan khususnya kelahiran, bagaimanapun tetap relatif rendah: hanya sekitar 63 % dari seluruh kelahiran yang terjadi di fasilitas kesehatan di Indonesia. Walaupun kemajuan dan pemanfaatan sebagian besar layanan kunci kesehatan ibu relatif tinggi, tapi tingkat kematian ibu di Indonesia justru masih tinggi, khususnya di provinsi-provinsi seperti : Papua Barat, Maluku Utara, Papua, Gorontalo, Sulawesi Barat, Maluku, dan Kalimantan Selatan. Makalah kebijakan ini menilai kesiapan supply-side dari fasilitas kesehatan masyarakat Indonesia dalam memberikan pelayanan kesehatan ibu, seperti : perawatan antenatal (ANC) serta perawatan dasar dan komprehensif kebidanan darurat. Fokus penilaian dalam makalah ini adalah apa cakupan kesehatan ibu yang universal tersebut sejauh Indonesia adalah nyata. Memastikan kesiapan supply-side dari sistem kesehatan Indonesia, menggabungkan pelajaran dari pengalaman masa lalu, pelaksanaan jaminan kesehatan universal untuk ibu di bawah program asuransi kesehatan sosial yang berbeda, akan menjadi salah satu faktor kunci dalam memastikan bahwa pelaksanaan cakupan kesehatan universal (UHC) menghasilkan perbaikan dalam pelayanan kesehatan, termasuk kesehatan ibu. Policy brief ini disusun sebagai berikut: bagian kesehatan ibu di Indonesia yang memberikan latar belakang pada kesehatan ibu di Indonesia dan reformasi dimaksudkan untuk mencapai UHC pada tahun 2019. Menilai cakupan kesehatan ibu yang universal di Indonesia memberikan informasi tentang manfaat kesehatan ibu melalui program asuransi kesehatan sosial yang ada. Selengkapnya, silakan simak di sini.

pendaftaran-alert

regulasi-jkn copy

arsip-pjj-equity

Dana-Dana Kesehatan

pemerintah

swasta-masy

jamkes

*silahkan klik menu diatas

Policy Paper

Link Terkait

jamsosidthe-lancet