BPJS Kesehatan Bantah Ada Pemangkasan Biaya Persalinan

Warga menunggu giliran untuk mendapatkan pelayanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) di Kantor BPJS Kesehatan di Pontianak, beberapa waktu lalu.

JAKARTA - Kepala Humas BPJS Kesehatan Nopi Hidayat membantah ada pemangkasan biaya persalinan seperti yang beredar beberapa waktu belakangan ini. Dia turut memastikan bahwa semua layanan dan penjaminan masih berjalan normal dan belum ada perubahan.

"BPJS Kesehatan tetap akan menjalankan kewenangannya sebagai penjamin finansial sesuai dengan ketentuan yang berlaku," kata Nopi kepada Kompas.com pada Kamis (19/7/2018) malam.

Nopi menyatakan, segala informasi beredar yang menyebut ada pembatasan layanan di rumah sakit sebagai hal yang tidak benar. Dalam menjalankan tugasnya, BPJS Kesehatan disebut selalu berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan, Asosiasi Profesi dan Fasilitas Kesehatan, Tim Kendali Mutu dan Kendali Biaya, serta Dewan Pertimbangan Medis dan Dewan Pertimbangan Klinis. Baca juga: Setelah Obat Kanker, BPJS Kesehatan Akan Pangkas Penjaminan Biaya Persalinan

"Sebagai badan hukum publik yang mengelola keuangan Dana Jaminan Kesehatan, BPJS Kesehatan senantiasa menjalankan fungsi kendali mutu dan kendali biaya dengan tetap mengutamakan mutu pelayanan kepada pasien JKN-KIS," tutur Nopi.

Meski begitu, Nopi mengungkapkan memang sedang ada pembahasan lebih lanjut antara BPJS Kesehatan dengan pemerintah berkaitan dengan kondisi neraca keuangan perusahaan. Nopi memastikan, pembahasan masih berlangsung dan dirinya enggan mengutarakan berbagai hal yang belum pasti agar tidak mengarah pada berbagai kemungkinan yang bukan bagian dari keputusan mendatang.

sumbre: KOMPAS.com

Berita Tekait

banner kki

pelatihan perencanaan anggaran jkn3

bl pembiyaan

evaljkn18

monevjkn17

calon fasilitator

cop 01
cop 01
cop 01
policy

Policy Paper