Diskusi dan Evaluasi Minggu 2

Sinkronisasi yang akan dipelajari dalam pelatihan ini adalah upaya penyesuaian antara kemampuan daerah dengan kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah pusat. Penyesuaian berbentuk dukungan pencapaian sasaran , target, dan prioritas nasional yang disesuaikan dengan kondisi daerah. Jadi, daerah tidak harus membuat RPJMD sama persis dengan RPJMN, namun daerah harus mampu menerjemahkan RPJMN tersebut sesuai dengan kebutuhan dan situasi di daerah masing-masing.

Adapun tahapan sinkronisasi, terdiri dari :

  • Tahap 1: Sinkronisasi Analisis Situasi dan Masalah Kesehatan
  • Tahap 2: Sinkronisasi Isu Strategis
  • Tahap 3: Sinkronisasi Misi/Sub Misi, Tujuan, Sasaran, dan Indikator Pembangunan
  • Tahap 4: Sinkronisasi Target Sasaran
  • Tahap 5: Sinkronisasi Arah Kebijakan dan Strategi Pembangunan
  • Tahap 6:Sinkronisasi Program Daerah dengan Prioritas Nasional, Program Prioritas, dan Kegiatan Prioritas Berdasarkan Indikator dan Pembagian Urusan Pemerintahan
  • Tahap 7:Sinkronisasi Kerangka Pendanaan Program dan Kegiatan yang Mendukung Prioritas Nasional
  • Tahap 8:Sinkronisasi Indikasi Lokasi Pelaksanaan Program.

Tahap analisis situasi merupakan salah satu tahap sinkronisasi untuk “mengenali” dan mencatat segala kondisi yang ada di daerah dan dapat menentukan masalah atau tantangan, serta kesempatan dan kemampuan daerah. Analisis terdiri dari analisis kesehatan yang tertuang dalam SKN (analisis internal bidang kesehatan) dan analisis determinan soaial (eksternal bidang kesehatan) .  

Sejauh mana analisis situasi sudah diterapkan di daerah dan bagaimana perspektif Bapak/ Ibu/ Sdr terhadap peran analisis situasi dalam sinkronisasi RPJMD-RPJMN Sub Bidang Kesehatan ?

analytics, assessment, graph, sign, statistics, stats, tablet icon Evaluasi Diri Minggu Ke-2

Comments   

 
#28 Arip Ambulan Panjaitan 2016-12-15 21:15
Sejauh ini analisis situasi masih belum optimal dilakukan mengingat keterbatasan waktu, SDM dan ketersediaan anggaran terutama ketersediaan data yang kurang memanfaatkan hasil-hasil penelitian kesehatan dari perguruan tinggi yang ada.
Quote
 
 
#27 sri sedono 2016-12-01 21:31
Untuk minggu ke2 ini apa tidak ada kuisnya ?
Quote
 
 
#26 sri sedono 2016-12-01 21:29
Analisis Situasi penting dilakukan di daerah untuk mengetahui permasalahan yang ada di daerah. Permasalah daerah ini jugaperlu dilihat permasalahan Nasional sudah sejauh mana masalah kesehatan itu cecara nasional terjadi. Dengan membandigkan dengan tingkat Nasional maka daerah dapat menentukan target sasaran dan strategi daerah.
Quote
 
 
#25 Ambo Sakka 2016-12-01 01:44
Assalaamu'alaykum,

Mohon ijin kasi komen...

Di Sulawesi Tenggara terdapat setidaknya 4 Kabupaten baru dalam 3 tahun terakhir. Da Kab. Kolaka Timur, Kab. Konawe Kepulauan, Kab. Buton Tengah dan Kab. Muna Barat.

Keempat kabupaten baru ini semuanya mengalami masalah pada ketersediaan data, terutama terkait dengan profil.

Pertanyaan:
Untuk analisis situasi, bagaimana mengatasi masalah ketiadaan bahan-bahan penting yang dibutuhkan? seperti 4 bahan utama berikut:
1. Profil kabupaten/kota (jumlah penduduk, rasio penduduk berdasarkan jenis kelamin, dan lainnya)
2. Profil kesehatan kabupaten/kota
3. Profil puskesmas yang ada di kabupaten/kota
4. Dokumen-dokumen lainnya yang diperlukan.

Demikian,

Terimakasih
Quote
 
 
#24 nur arifah 2016-11-30 07:14
Bagaimana alur proses pelaksanaan sinkronisasi ini? apakah fasilitator hadir dalam penyusunan RPJMD? apakah semua daerah yang didampingi akan menerima fasilitator? apakah sudah di sosialisasikan ke Pemerintah Daerah/ Prov?
Quote
 

Add comment


Security code
Refresh