Diskusi dan Evaluasi Minggu 4

http://3.bp.blogspot.com/-SOhrQImYlPg/VP712zrKegI/AAAAAAAAAhI/kqfupup7aSo/s1600/Manajemen%2BStrategi.jpg

Strategi dapat didefinisikan sebagai rencana yang cermat mengenai kegiatan untuk mencapai suatu sasaran khusus. Penyusunan strategi RPJMD Bidang Kesehatan dilakukan dengan mensinkronkan Strategi RPJMN dan Arah Kebijakan. Selain itu, sangat dianjurkan untuk melakukan kajian literatur untuk mendapatkan inspirasi atau melakukan inovasi. Arah kebijakan merupakan kebijakan utama yang diambil untuk menyelesaikan permasalahan dan isu strategis dalam rangka mencapai sasaran pembangunan, yaitu perubahan kondisi yang ingin dicapai pada 5 (lima) tahun ke depan. Beberapa pertimbangan dalam mensinkronkan arah kebijakan yaitu : (1) Kebijakan di RPJMD tetap saling mendukung pencapaian nasional, dan (2) Arah kebijakan RPJMD dapat dipecah, diubah, dihilangkan , digabung atau ditambah dengan tetap mendukung kebijakan nasional.

Penyusunan kebijakan dan kegiatan lintas PD untuk bidang kesehatan sangat diperlukan. Hal ini berguna untuk memastikan sinkronisasi antar program dan kegiatan bidang kesehatan. Sinkronisasi ini menjadi bagian dari kebijakan lintas PD yang menjadi kebijakan pemerintah daerah. Untuk melihat bagaimana sinkronisasi setiap PD di bidang kesehatan, diperlukan rencana aksi lintas bidang. Rencana lintas bidang inilah yang menjadi bagian dokumen perencanaan kesehatan. Demikian hal dengan kerangka pendanaan yang memuat sumber-sumber pendanaan yang bisa digunakan dalam pembangunan, tata cara optimalisasi penggunaan sumber dana dan peningkatan kualitas belanja. Upaya penyelasaran dan sinkronisasi juga dilakukan berdasarkan indikasi lokasi pelaksanaan program terhadap RTRW Kabupaten/Kota, RTRW Provinsi, RTRW Pulau, dan RTRW Nasional, dengan tingkat kedalaman rencana rinci pemafaatan ruang, dalam pola jejaring kawasan strategis.

Sejauh mana penilaian Bapak/ Ibu/ Sdr terhadap upaya sinkronisasi di daerah untuk arah kebijakan, strategi pembangunan, program lintas PD dengan prioritas nasional, kerangka pendanaan, dan indikasi lokasi?

analytics, assessment, graph, sign, statistics, stats, tablet icon Evaluasi Diri Minggu Ke-4

 

 

Comments   

 
#13 Arip Ambulan Panjaitan 2016-12-15 21:08
Sejauh ini upaya sinkronisasi yang dilakukan di daerah dengan program nasional masih rendah, artinya lebih mengedepankan kepentingan kepala daerah dan kepentingan oknum DRPD, yang kebanyakan menganggap program kesehatan kurang inovatif, monoton dari tahun ke tahun tetapi kasus tetap ada dan semakin tinggi.
Quote
 
 
#12 Ambo Sakka 2016-12-15 04:52
mohon penjelasan terkait RTRW Nasional, RTRW Provinsi dan RTRW Kab/Kota

tadi ada informasi bahwa kemungkinan besar untuk Tahun 2017 ini, daerahbelum mempunyai alokasi untuk insentif oendamping atau fasilitator. Bolehkah untuk kami kalangan akademisi memulai dengan melakukan pengkajian perihal kesesuaian RPJMD dengan RPJMD dengan menggunakan instrumen yang didasarkan pada Modul Pelatihan ini??
Quote
 
 
#11 Syahrial Ahmad 2016-12-15 04:51
Sinkronisasi Kerangka Pendanaan dalam konteks yg lbh dalam lagi, bila dilihat pendanaan di Puskesmas saat ini berbagai sumber dana seperti kapitasi JKN (jumlahnya jauh lebih besar daripada APBD), Dana Desa atau Dana Bagi Hasil Cukai baik Hasil tembakau atau Rokok. Hal tersebut dalam sinkronisasi kerangka pendanaan ini bagaimana ?
Quote
 
 
#10 Yodenca Assti Runia 2016-12-15 04:44
Untuk kegiatan lintas bidang, bagaimana implementasinya ? Apakah dilaksanakan oleh bidang kesehatan atau dilaksanakan oleh bidang terkait (misal : perbaikanan sarana jalan raya dilaksanakan oleh Dinas Bina Marga) dengan pengawasan langsung oleh bidang kesehatan?
Quote
 
 
#9 P. Yandrizal 2016-12-15 04:43
Bila Tim bermain di Dinas Kesehatan Kab/kota atau Propinsi, Bagi daerah APBD kecil tidak ada masalah karena pasti akan merujuk kepada Renstra kementerian untuk mendapat dana, sebenarnya justru bagaimana bidang Kesehatan dan Gizi masyarakat bisa menyakinkan Bappeda, sehingga dana bidang lain bisa disinkronkan/di alihkan sesuai priroritas sub kesehatan,
Quote
 

Add comment


Security code
Refresh