Reportase PGF 2017

Sesi Simposium

Hari Ke - 2, 21 Juli 2017
Thailand


Prof Supasit PannarunothaiProf Supasit PannarunothaiSesi pleno di hari kedua PGF ke-11 mengusung tema Roadmap to Global Universal Health Coverage, dan diisi oleh 2 orang pembicara, yakni Phyllida Travis, Ph.D dari Department of Health Systems Development, WHO Regional Office for South-East Asia serta Prof. Supasit Pannarunothai yang merupakan pimpinan di Center for Health Equity Monitoring Foundation di Thailand.

Kedua pembicara menekankan bahwa pencapaian Universal Health Coverage merupakan bagian penting dari Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), demikian pula pencapaian UHC akan mendukung tercapainya tujuan SDGs yang lain. Oleh karena itu, adalah tugas semua pihak untuk memastikan kemajuan pencapaiannya, bukan hanya tugas sektor kesehatan saja.

Dr Phylida TravisDr Phylida TravisMeskipun setiap negara mulai dengan kondisi awal yang berbeda-beda, tetapi tidak ada yang memulai dari nol. Kemajuan secara bertahap pasti bisa dicapai apabila negara menetapkan target yang jelas. Beberapa hal penting yang bisa mempercepat pencapaian adalah memperkuat pelayanan garis depan untuk menjangkau populasi yang selama ini terabaikan, kepemimpinan politis yang kuat, adanya inovasi pelayanan untuk merespon situasi kesehatan terkini, mengontrol harga dan kualitas obat, menghemat sumber daya, penerapan strategic purchasing dan adanya sistem teknologi yang memadai untuk dokumentasi data kesehatan.

Dari sisi pembiayaan, perlu ada investasi lebih pula dari negara-negara yang masih berproses untuk mencapai UHC. Kapasitas fiskal perlu diperkuat dan pajak adalah sumber utamanya. Prioritas utama adalah memastikan tersedianya pelayanan dasar untuk kesehatan ibu dan anak. Monitoring secara berkala juga menjadi hal yang utama untuk mengetahui seberapa jauh kemajuan yang telah dicapai.

pdf iconMateri


Oleh: Yanti L (peneliti PKMK FK UGM)

bl pembiyaan

monevjkn17

calon fasilitator

cop 01
cop 01
cop 01
policy

pendaftaran-alert

lapjkn

regulasi-jkn copy

arsip-pjj-equity

Arsip Kegiatan

Dana-Dana Kesehatan

pemerintah

swasta-masy

jamkes

*silahkan klik menu diatas

Policy Paper

Link Terkait

jamsosidthe-lancet