Site Visit National Helath Security Office (NHSO)

NHSO berada di kompleks kepemerintahan Thailand yang terintegrasi. Terdapat tiga ruangan penting dalam NHSO, antara lain manajemen klaim, data center dan call center.

Data Claim Office (e-claim)
uhc-e-claimGambar: Peserta mengunjungi e-claim office dan berdiskusi dengan staf e-claimSemua klaim rumah sakit dengan UCS (meng-cover 47,8 juta penduduk) mengirimkan klaim elektronik secara terpusat. Terdapat 1.200 rumah sakit yang melakukkan klaim ke data klaim office dengan total 30 ribu klaim per hari. Thailand telah melakukan sentralisasi klaim sejak tahun 2004, dimana semua klaim dikirimkan per hari oleh rumah sakit baik secara online maupaun menggunakan sistem informasi rumah sakit dengan standar data set yang telah ditentukan.

Terdapat 65 data set yang harus dikirimkan rumah sakit ke data center, seperti tindakan medis, obat, pelayanan kanker, pelayanan preventif dan promotif dan lain-lain, yang akan diproses dengan sistem DRG. Terdapat 40 staf yang ada di data center yang mengelola data klaim, tidak hanya memproses grouper klaim, tetapi juga melakukan menganalisis klaim yang masuk untuk menilai kelayakan klaim dan laporan tahunan. Maksimum 30 hari klaim rumah sakit harus di-reimburst oleh NHSO.
 

Data Center
 
uhc-tikGambar: Ruangan Data Center yang mengelola infrastruktur TIK untuk NHSOData center merupakan fasilitas infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi yang ada di NHSO. Terdapat beberapa tim yang mengelola infrastruktur ini antara lain, technical support, network, application dan database. Infrastruktur dibangun tahun 2004 dengan hanya terdiri dari 4 server sampai sekarang terdapat 36 server untuk mendukung pengelolaan data dan informasi di seluruh Thailand, termasuk 13 kantor cabang yang ada.

Data center memiliki data backup yang lokasinya kurang lebih 20 KM dari server utama. Beberapa fungsi lain dari infrastruktur ini adalah menghubungkan database kepesertaan dengan data kependudukan yang dimiliki oleh Kementrian Dalam Negri.

Call Center
uhc-callcenterGambar: Call Center 24 jam dengan nomor khusus 1330 untuk pelayanan pelanggan baik peserta jaminan maupun penyedia layanan kesehatanCall center dibuat untuk layanan pelanggan, baik peserta jaminan mapun penyedia layanan kesehatan (rumah sakit).  Call center beroperasi 24 jam sehari dengan 43 operator yang dibagi dalam 3 shift jaga. Call center menerima kurang lebih 1.000 panggilan per hari, yang mayoritas dari peserta yang menanyakan skema jaminan yang dimiliki dan komplain terhadap pelayanan kesehatan. Untuk kasus-kasus khusus dilakukan follow up secara intensif. Dalam 1 bulan, kurang lebih 4.000 kasus di-follow up dengan 97 persen terselesaikan.

pdf-icon Download Presentasi  


back Kembali ke Exchange and Study Program on UHC and information systems

Reportase lainnya

reportase-ihea-2017-closing-plenaryReportase iHEA 2017 Closing Plenary Oleh: Giovanni van Empel Daron Acemoglu, Profesor Ekonomi dari MIT memaparkan hasil penelitiannya menggunakan...
reportase-ihea-2017-physican-behaviourReportase iHEA 2017 Physican Behaviour Oleh: Giovanni van Empel Sesi ini merupakan sesi khusus dengan banyak peminat. Sebab, selain diisi oleh...
reportase-ihea-2017-hari-1Reportase iHEA 2017 Hari 1, 9 Juli 2017 Sesi: Healthcare AccessRuangan: HAR-224 Sesi ini melihat bagaimana akses ke layanan kesehatan dipengaruhi...
reportase-ihea-2017-hari-2Reportase iHEA 2017 Hari 2, 10 Juli 2017 Sesi: Children, Adolescents, And Young AdultsRuangan: Kenmore Room Sesi ini melihat bagaimana penggunaan...