Site Visit ke Provinsi Samutsongkhram

Samutsongkhram provinsi berada kurang lebih 100 KM dari Bangkok, di sebelah barat Kota Bangkok. Provinsi ini merupakan salah satu provinsi kecil di Bangkok yang terdiri dari 191.000 jumlah penduduk. Terdapat 3 rumah sakit district di Provinsi, dimaan rumah sakit terbesar adalah RS Somdejphraphutthalertla yang memiliki 311 tempat tidur. Khusus untuk provinsi ini, kontrak dengan NHSO dilakukan langsung dengan 1 provinsi (bukan level distrik), berikut jejaring 3 rumah sakit yang ada dan 50 primary care unit yang terdaftar. Sehingga setiap warga di Propinsi ini memiliki keleluasan untuk mendapatkan pelayanan di salah satu dari 50 PCU yang ada dan 3 rumah sakit rujukan yang tersedia (Berbeda dengan yang lain, umumnya 1 peserta terdaftar di salah satu primary care dan satu rumah sakit rujukan).

Dinas Kesehatan Provinsi Samutsongkhram

Dinas Kesehatan membantu proses administrasi kepesertaan, mengkoordinasi kontrak kerjasama dengan NHSO dan membantu pencatatan dan pelaporan rutin pelayanan kesehatan. Dalam pelayanan registrasi peserta.

Rumah Sakit Somdejphraphutthalertla

Rumah sakit Somdejphraphutthalertla merupakan salah satu rumah sakit sekunder rujukan di provinsi Samutsongkhram. Didukung oleh 883 staf medis dan non medis RS ini melayani mayoritas penduduk di Provinsi Samutsongkhram dengan 19 jejaring primary health center.

RS masih menggunakan pencatatan konvensional, rekam medis kertas yang disimpan berdasarkan family folder. Selain mengelola berkas rekam medis, unit rekam medis rumah sakit juga melakukan entri data pelayanan pasien, baik rawat inap maupun rawat jalan ke dalam sistem yang berbasis elektronik. Hasil entri-an ini digunakan untuk kepentingan lain seperti:

  1. Unit statistik rumah sakit akan menganalisis data elektronik untuk menghasilkan informasi yang digunakan manajemen rumah sakit dalam pengambilan keputusan, melakukan perencanaan (terutama untuk proyeksi pembiayaan kesehatan tahun berikutnya), monitoring dan evaluasi pelayanan rumah sakit.
  2. Unit klaim rumah sakit menggunakan data elektronik untuk keperluan klaim dan kelengkapan data yang harus dikirimkan ke NHSO

ruang-berkasGambar: Ruang penyimpanan berkas rekam medis dengan sistem family folder. Tampak petugas RS melakjukan entri data rekam medis ke dalam sistem komputer

Bagian pendaftaran telah menggunakan sistem berbasis elektronik yang fungsinya untuk melakukan pencatatan data demografi pasien (tersimpan di dalam database internal rumah sakit). Selain itu, dengan akses internet yang stabil, rumah sakit langsung terhubung dengan jaringan internet dan database kepesertaan di NHSO. Dengan demikian rumah sakit dapat melakukan verifikasi kepesertaan dan skema jaminan kesehatan untuk semua pasien yang datang.

komputer-uhcGambar: Sistem berbasis komputer di bagian pendaftaran digunakan untuk verifikasi kepesertaan dan skema jaminan kesehatan yang dimiliki oleh pasien rekam-medisGambar: Rekam medis kertas yang digunakan untuk dokumentasi medis pelayanan pasien di rumah sakit.

 

pdf-icon Download Presentasi 1    pdf-icon Download Presentasi 2


 

back Kembali ke Exchange and Study Program on UHC and information systems

monevjkn17

calon fasilitator

cop 01
cop 01
cop 01
policy

pendaftaran-alert

lapjkn

regulasi-jkn copy

arsip-pjj-equity

Arsip Kegiatan

Dana-Dana Kesehatan

pemerintah

swasta-masy

jamkes

*silahkan klik menu diatas

Policy Paper

Link Terkait

jamsosidthe-lancet