Site Visit of Civil Registration

ID Card processing (physical processing)


gb-kartuGambar: Tumpukan kartu chip kosong dari perusahaan rekanan yang siap untuk diproses.

Salah satu fasilitas yang ada di kantor pusat Biro Registrasi dan Administrasi (BORA) adalah pemrosesan kartu fisik ID nasional untuk didistribusikan ke seluruh Thailand. Dalam satu bulan dapat mempersiapkan 1,2 juta kartu yang siap untuk didistribusikan dan digunakan di seluruh unit layanan registrasi dan administrasi. Terdapat lebih dari 1.000 outlet layanan kartu ID di Thailand yang telah terintegrasi secara online, termasuk layanan khusus di Mall dan stasiun kereta api. Proses persiapan kartu antara lain:

gambar-proses-chipGambar: Proses mempersiapkan kartu chip untuk dijadikan kartu ID resmi.

Kartu yang dipersiapkan harus mempertimbangkan keamanan dan ketahanan. Menurut penelitian, kartu ini dapat bertahan hingga 6-10 tahun, sehingga kadaluarsa kartu disesuaikan dengan masa kartu (8 tahun). Banyaknya informasi penting dan pribadi di kartu chip ini, setidaknya terdapat 8 level keamanan yang diterapkan dalam mempersiapkan kartu (Dalam site visit hanya ditunjukkan beberapa mekanisme keamanan saja).

alat-pencetak-kartuGambar: Alat yang digunakan untuk memformat kartu dan menambahkan kode kartu baru sebelum kartu didistribuskan.

Pertama pemberian metadata kartu seperti kode baru kartu sebagai identitas kartu yang dilakukan secara otomatis menggunakan mesin khusus, yang dibeli dari Jerman. Metadata kartu termasuk Isi kartu termasuk metadata kartu kapan diproses/diberi kode baru, siapa yang melakukan pemrosesan kartu, dari mana kartu diproduksi, kapan dikeluarkan.

Selain kode identitias kartu chip, aspek keamanan lain yang ditetapkan adalah menggunakan laminating khusus yang dapat dilihat keasliannya dengan melihat gambar tiga dimensi di dalam karu (seperti stiker 3 dimensi).

metadaGambar: Metadata kartu dan riwayat perubahan informasi personal (ex: Foto) tersimpan didalam kartu chip.

 

Untuk membaca kartu diperlukan card reader khusus yang dikeluarkan oleh instansi pemerintah. Termasuk untuk melihat data di dalam kartu, petugas yang akan melihat informasi dalam kartu chip kependudukan harus memasukkan ID card mereka. Riwayat siapa yang mengakses kartu tercatat secara otomatis (fungsi audit trail).

 

Site Visit to Local Government Office (ID card services)


local-gov-officeGambar: Peserta workhsop mengunjungi Local government office di provinsi Phatum Thani.Local government office merupakan fasilitas pelayanan publik di level distrik (setara dengan Kecamatan di Indonesia). Selain pelayanan pencatatan sipil, kantor ini juga melayani pembuatan kartu ID nasional, baik pembuatan baru, update kartu lama, update informasi dan lain sebagainya. Setiap local government office telah terhubung dengan database kependudukan pusat, sehingga update data dapat dilakukan secara real time. Dengan koneksi internet yang stabil, pelayanan kartu dapat dilakukan di kantor cabang manapun. Dalam satu hari, kantor ini dapat melayani hingga 500 pelayanan ID nasional. Proses pelayanan kartu dapat dilihat pada gambar berikut:

gambar-proses-pelayananGambar: Proses pelayanan kartu ID di Kantor Pencatatan Sipil Lokal.

cek-jempolGambar: Pengecekan biometrik (sidik jari telunjuk dan jempol) yang terdapat di dalam kartu dengan biometrik penduduk yang ingin meng-update kartunya sebagai salah satu pemeriksaan keaslian kartu.

pdf-icon Download Presentasi


 back Kembali ke Exchange and Study Program on UHC and information systems

Reportase lainnya

reportase-hari-kedua-inahea-2017Reportase Hari Kedua The 4th Indonesian Health Economic Association (InaHEA) Annual Scientific Meeting & International Seminar on Health...
reportase-hari-ketiga-inahea-2017Reportase Hari Ketiga The 4th Indonesian Health Economic Association (InaHEA) Annual Scientific Meeting & International Seminar on Health...
the-4th-indonesian-health-economic-association-inahea-annual-scientific-meeting-international-seminar-on-health-economics Salah satu pertemuan tahunan yang dinanti oleh para akademisi, praktisi, dan peneliti di bidang ekonomi kesehatan kembali diselenggarakan. Tahun ...
reportase-ihea-2017-closing-plenaryReportase iHEA 2017 Closing Plenary Oleh: Giovanni van Empel Daron Acemoglu, Profesor Ekonomi dari MIT memaparkan hasil penelitiannya menggunakan...