Efektivitas Biaya Melalui Peningkatan Kepatuhan Pengobatan Bifosfonat Oral

PKMK – Kepatuhan tujuan (adherence) dengan terapi bifosfonat umumnya rendah, sementara peningkatan kepatuhan tersebut akan efektif dalam mencapai manfaat terapi sepenuhnya. Efektivitas biaya upaya peningkatan kepatuhan bifosfonat oral pada populasi besar perempuan osteoporosis telah dinilai dalam studi kohort retrospektif ini dan mempertimbangkan outome waktu kelangsungan hidup, biaya kesehatan, dan rasio efektivitas biaya.

Dari 28.558 penduduk perempuan yang baru diobati dengan bifosfonat lisan selama tahun 2003-2004 dan diikuti selama 6 tahun setelah resep indeks menunjukkan bahwa peningkatan kepatuhan dari 33% jadi 80% telah meningkatkan kelangsungan hidup 3 tahun akibat fraktur dan menurunkan biaya kesehatan € 147.000 setiap 1.000 wanita-tahun dengan ICER (95% CI € 49.000 to € 58.000).

Selain itu, upaya meningkatkan kepatuhan dengan bifosfonat oral menawarkan manfaat penting dalam mengurangi resiko patah tulang. Beberapa kajian efektivitas biaya seperti ini juga sangat penting untuk diterapkan dalam masa Jaminan Kesehatan Nasional di Indonesia sehingga turut mendukung kendali mutu dan kendali biaya. Selengkapnya dalam mempelajari efektivitas biaya dalam pengobatan dapat diakses

pendaftaran-alert

regulasi-jkn copy

arsip-pjj-equity

Dana-Dana Kesehatan

pemerintah

swasta-masy

jamkes

*silahkan klik menu diatas

Policy Paper

Link Terkait

jamsosidthe-lancet