Perkembangan Implementasi Sistem Pembayaran DRG di Perancis

PKMK – Sistem pembayaran DRG diperkenalkan di Perancis sejak tahun 2004-2005 untuk mendanai layanan akut di seluruh rumah sakit. Sistem ini bertujuan untuk meningkatkan upaya efisiensi, transparansi dan keadilan pembayaran antara rumah sakit umum dan rumah sakit swasta. Mengingat pentingnya reformasi, maka di tahun 2012 Pemerintah memodifikasi model pembayaran dan memperhatikan dampak yang ditimbulkan melalui kajian perkembangan implementasi sistem pembayaran DRG.

Studi menunjukkan bahwa sistem pembayaran DRG secara keseluruhan telah memberikan kesempatan untuk meningkatkan efisiensi dan transparansi dengan tetap memiliki resikonya masing-masing. DRG dihadapkan pada peningkatan akuntabilitas dan produktivitas fasilitas pelayanan kesehatan beserta beberapa masalah kronis yang melekat di pasar rumah sakit negara Perancis. Walaupun demikian, sistem mampu menjadi kendali aktivitas rumah sakit dan memastikan perawatan yang diberikan sesuai dengan indikasi medis.

Dalam rangka mengatasi dampak yang ditimbulkan, maka sistem pembayaran DRG Perancis perlu untuk menyelaraskan efisiensi yang lebih besar dengan tujuan kualitas yang lebih baik dan efektivitas pelayanan. Oleh karena itu, ketersediaan atas sistem informasi dalam memantau biaya dan kualitas pelayanan rumah sakit sangatlah penting, termasuk dukungan Pemerintah yang fleksibel dan transparan dalam sistem insentif. Negara Indonesia juga sedang menjalankan sistem DRG di era JKN sehingga hasil dari kajian tersebut diharapkan dapat menjadi masukan dan pertimbangan dalam mengembangkan sistem pembayaran DRG. Untuk mempelajari selengkapnya dapat mengakses link berikut

pendaftaran-alert

regulasi-jkn copy

arsip-pjj-equity

Dana-Dana Kesehatan

pemerintah

swasta-masy

jamkes

*silahkan klik menu diatas

Policy Paper

Link Terkait

jamsosidthe-lancet