Kurikulum Penelitian

II.B.     Landasan Teori

Pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) 2014 untuk kesehatan perorangan merupakan pengembangan Jaminan Kesehatan yang sekarang sudah ada yaitu Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas), Jaminan Kesehatan Persalinan (Jampersal) dan Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda). Pengalaman pelaksanaan jaminan kesehatan yang sekrang sudah ada mejadi bahan referensi sekaligus bahan pembelajaran dalam pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional yang akan dimulai tahun 2014. Pelaksanaan JKN tersebut tidak lepas dari kesiapan sistem kesehatan dan sistem pembiayaan kesehatan yang sekarang dalam upaya optimalisasi untuk mendukung pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional.  Hubungan antara fungsi sistem kesehatan, tujuan pembiayaan kesehatan dan tujuan sistem kesehatan diperlihatkan sebagai berikut:

kerangka-penelitianKerangka Konsep Penelitian

 Sumber: WHO 2003

Implementasi monitoring, evaluasi dan untuk melihat hasil kinerja termasuk indikator dan targetnya, menurut WHO 2011 terdapat kerangka kerja yang komprehensif seperti gambar berikut:

ihp

 Sumber: WHO 2011

Kerangka kerja di atas menunjukkan bagaimana setiap indikator dihubungkan dengan sumber data dan bagaimana memasukkannya ke dalam sistem (seperti sumber dana, infrastruktur) dan proses (ketersediaan) ditunjukkan di output (seperti pelayanan dan intervensi) dan keluaran (cakupan intervensi) dan dampak (peningkatan status kesehatan).

Comments   

 
#4 Laksono 2013-11-27 03:40
Pustaka sebaiknya ditambah dengan apa yang disebut sebagai:
- Revenue Collection
- Pooling
- Purchasing Benefits

Kemudian;
Pustaka ini menjadi bahan dasar untuk Kerangka Konsep (sudah ada). Masalahnya adalah:
- APakah pertanyaannya akan mengunakan model Input, Proses, Output? Atau yang kedua terkait dengan : Revenue Collection, Pooling, and Purchasing Benefits? Atau kombinasi keduanya.

Kalau saya cenderung menggunakan yang kedua. Lebih jelas.
Dampaknya nanti pada Sub-penelitian. Mungkin perlu ada tambahan sub penelitian, atau diperbaharui lagi.



Mohon dibahas.
Quote
 
 
#3 Budi 2013-11-26 07:56
dari pelatihan modul 1, dijumpai beberapa masukan dan tambahan terkait subvariabel untuk variabel penelitian pada landasan teori ini, apakah bisa semua ditambahkan menjadi suatu landasan teori yang lengkap? karena sederhananya akan terlihat ketika di kerangka konsep
Quote
 
 
#2 Muh Faozizi 2013-11-26 03:46
Benar bu Tri,

Kerangka konsep tersebut di atas bisa dijabarkan ke dalam konsep yang lebih luas. Input-Proses-Ou tput. Jadi dalam monitoring dan evaluasi tahap awal tidak mungkin mengambil semua hal yang dievaluasi. bisa saja yang diambil hal-hal yang tahap awal bisa diteliti.
Terimakasih
Quote
 
 
#1 tri murti 2013-11-25 03:08
jika menggunakan kerangka konsep ini. apa kah harus dikembangkan lagi yg mau benar2 kita teliti ?
Quote
 

Add comment


Security code
Refresh