Peserta BPJS Kesehatan DIY 2.208.916 Orang

sumber: harian jogjaYOGYA - Sebanyak 2.208.916 masyarakat Yogyakarta sudah menjadi peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan DIY. Dari total masyarakat yang ikut dalam kepesertaan BPJS Kesehatan diantaranya masyarakat tidak mampu Penerima Bantuan Iuran (PBI), anggota TNI dan Polri, perorangan, eks Jamsostek, PNS dan pensiunan PNS.

Pernyataan itu dikatakan Kepala Unit Kepesertaan dan Pelayanan Peserta (KPP) BPJS Kesehatan DIY Erna Diyah Ekowati, saat ditemui di Kantor BPJS DIY Jalan Gedong Kuning Yogyakarta, Rabu (29/01/2014). “Dari jumlah kepesertaan itu, yang paling sedikit adalah dari sektor perorangan atau mandiri dengan jumlah 5.624. Hal itu dikarenakan, banyak masyarakat Yogyakarta yang mempunyai Jamkesda serta Jamkesos dan itu masih bisa digunakan,”papar Erna.

Ia menambahkan, untuk sektor mandiri atau perorangan pihaknya tidak begitu menargetkan, karena sampai saat ini yang masuk ke dalam kepesertaan BPJS Kesehatan, masyarakat yang tidak mempunyai asuransi. “Namun, pada tahun 2019 sesuai dengan PerPres UU No 111 Tahun 2013, semua masyarakat Indonesia wajib terdaftar di BPJS Kesehatan,”paparnya.

Untuk sistem pelayanan sampai saat ini berjalan dengan lancar, baik dari sistem pendaftaran dan pengurusan klim. Hal itu dikatakan oleh Rini Atmowiyoto, yang saat itu mendaftar BPJS Kesehatan. “Pelayanan disini sangat bagus, semua pendaftar hanya 1 kali dalam melakukan pengurusan berkas atau pendaftaran dan langsung saat itu jadi,”pungkas Rini.

sumber: KRjogja.com

Berita Tekait

Policy Paper