Peserta BPJS Kesehatan sudah 99 Persen Target

ANTARA/Dhoni Setiawan

Jakarta - Hingga April 2014, 120 juta penduduk Indonesia telah terdaftar di Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) kesehatan. Di tahun awal pembentukan BPJS, ditargetkan 49% dari jumlah penduduk Indonesia yaitu 121,6 juta orang harus sudah terdaftar.


"Pada 2014, kami menargetkan 121 juta orang di seluruh indonesia. Sampai April ini sudah 99% tercapai, sudah sekitar 120 juta orang yang terdaftar. Ke depan kami menargetkan akan ada 257,5 juta peserta BPJS yang terdaftar sesuai dengan jumlah penduduk Indonesia," ujar Direktur Perencanaan dan Pengembangan BPJS Kesehatan Tono Rustiano dalam acara diskusi BPJS di acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, Selasa (29/4/2014).

Selain itu, agar masyarakat mudah menjangkau layanan pengobatan, BPJS akan menambah kerja sama dengan rumah sakit, dokter, dan bidan di tiap daerah. "Ini supaya layanan kesehatan enggak terkumpul di satu titik dan terdistribusi ke tempat terdekat masyarakat," terangnya.

Ke depan, pemerintah akan mempercepat pembayaran ke rumah sakit dan mitra kerja agar para pekerja kesehatan tidak merasa dirugikan. BPJS dibentuk pada 1 Januari 2014 untuk melaksanakan jaminan kesehatan nasional berdasarkan Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) yang diatur dalam UNdang-Undang Nomor 40 Tahun 2004.

 

Berita Tekait

Policy Paper