BPJS Kesehatan Gandeng Sembilan Mitra Beri Diskon Khusus

BPJS Kesehatan Gandeng Sembilan Mitra Beri Diskon Khusus

SEMARANG - Pemerintah telah mengimplementasikan program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang diselenggarakan BPJS Kesehatan sejak 1 Januari 2014, yang memungkinkan setiap WNI mendapatkan akses dan jaminan saat mendapatkan pelayanan kesehatan. 

Hingga per 1 April 2017, jumlah kepersetaan program JKN-KIS untuk seluruh Indonesia sudah mencapai 175.739.499 peserta. BPJS Kesehatan Kantor Cabang Utama Semarang yang membawahi wilayah Kota Semarang dan Kabupaten Demak per 7 April, jumlah kepesertaan telah mencapai 2.226.333 peserta yang terdiri dari segmen peserta PPU, PBPU, bukan pekerja dan PBI dengan tingkat kolektibilitas sebesar 93,76%.

Kepala KCU BPJS Kesehatan Kota Semarang Bimantoro menjelaskan, dengan memperhatikan jumlah kepesertaan program JKN-KIS yang mengalami peningkatan secara terus menerus, BPJS KCU Semarang selain ingin memberikan pelayanan terbaik dalam penjaminan pelayanan kesehatan juga tergerak untuk memberikan manfaat tambahan lain bagi peserta JKN-KIS yang aktif membayarkan iuran.

"Selain hal tersebut, BPJS Kesehatan KCU Semarang berinovasi untuk bermitra dengan sektor swasta khususnya di beberapa hotel, laboratorium, dan pusat rekreasi untuk memberikan diskon khusus. Peserta JKN-KIS cukup menunjukkan kartu mereka kepada petugas merchant yang bekerja sama dengan BPJS," ujar Bimantoro. 

Dia mengungkapkan, sampai saat ini terdapat sembilan mitra yang telah bekerja sama dalam hal memberikan potongan harga. Seperti 50% di Hotel Grasia, Hotel Pesonna dan Hotel Noormans, 60% di Hotel Pak Tree, 5%-10% di Larissa Aesthethic Center cabang Semarang.

Selain itu, 8%-10% di Laboratorium Prodia, 10%-20% di Laboratorium Sarana Medika, 10%-20% di Laboratorium Cito serta potongan harga sekitar Rp15.000 di Water Blaster Grha Candi Golf Semarang sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku.

Promo diskon dengan merchant-merchant tersebut dapat digunakan peserta JKN-KIS dari berbagai daerah di Indonesia. Sehingga, pihaknya berharap dengan adanya berbagai manfaat tersebut selain menarik perhatian masyarakat serta meningkatkan kesadaran peserta untuk membayar iuran JKN-KIS tepat waktu. 

"Selain itu, adanya program ini dapat mendorong sektor perekonomian khususnya bidang pariwisata Kota Semarang," kata dia.

General Manager Noormans Hotel Semarang M Noor Cholis menyambut baik adanya kerja sama dengan BPJS terkait program sinergi kepesertaan JKN-KIS yang digagas BPJS Kesehatan dalam hal ini KCU Kota Semarang. 

Pihaknya juga mendukung program JKN-KIS karena merupakan sinergi strategis. Dia juga mengakui membutuhkan pelanggan. "Saya berharap pemberian diskon di hotel kami bisa dimanfaatkan bagi peserta JKN-KIS," ujar Noor Cholis. 

GM Pesonna Hotel Cucun Mansur mengatakan, Pessona Hotel yang merupakan hotel milik BUMN jelas sangat mensupport program-program yang dijalankan BPJS Kesehatan. 

Berita Tekait

bl pembiyaan

monevjkn17

calon fasilitator

cop 01
cop 01
cop 01
policy

Policy Paper