BPJS Kesehatan Permudah Layanan Kesehatan Pemudik

Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Utama Bandung dr Herman Dinata Miharja (tengah) beserta jajarannya seusai memberi keterangan pers terkait program Mudik Nyaman bersama BPJS Kesehatan di Bandung, belum lama ini.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG – Hingga 2 Juli 2017, para pemudik yang memiliki kartu Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Kartu Indonesia Sehat (KIS) boleh berobat di rumah sakit manapun yang bermitra dengan BPJS Kesehatan. Program tersebut merupakan salah satu implementasi dari prinsip portabilitas yang diemban BPJS Kesehatan.

Selain memanfaatkan layanan kesehatan, selama libur lebaran tahun ini masyarakat juga dapat menghubungi BPJS Kesehatan Care Center di 1500-400 untuk mendaftar menjadi peserta JKN-KIS, memperoleh informasi, melakukan pengaduan, konsultasi kesehatan, dan layanan lainnya. Layanan BPJS Kesehatan Care Center tersedia 7 x 24 jam, dan khusus layanan konsultasi kesehatan hanya tersedia pada Senin - Jumat pukul 07.00 WIB - 20.00 WIB.

Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Utama Bandung dr Herman Dinata Miharja mengatakan, program ini merupakan wujud kepedulian BPJS Kesehatan terhadap kenyamanan dan kepuasan pesertanya. Di musim libur lebaran ini, pihaknya sengaja menerapkan kebijakan khusus terkait prosedur pelayanannya.

‘’Para peserta JKN-KIS yang sedang mudik lebaran tahun ini, dijamin bisa memperoleh pelayanan kesehatan dengan prosedur yang lebih sederhana,’’ ujar Herman kepada Republika, belum lama ini. untuk itu, pihaknya mengimbau para peserta JKN-KIS yang sedang mudik untuk selalu membawa kartu JKN-KIS.

Khusus musim libur lebaran ini, lanjut Herman, peserta JKN-KIS dapat berobat di luar wilayah tanpa harus melapor ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan setempat.  Kebijakan penyederhanaan prosedur pelayanan kesehatan itu, menurut dia, berlaku sejak 19 Juni 2017 hingga 2 Juli 2017.

Herman menegaskan, pelayanan kesehatan itu hanya berlaku bagi peserta JKN-KIS yang sedang mudik dengan status kepesertaan aktif. Untuk itu, pihaknya meminta peserta untuk memastikan pembayaran iuran agar status kepesertaannya selalu aktif.

Dalam mengecek iuran peserta, kata Herman, peserta dapat menggunakan aplikasi BPJS Kesehatan Mobile pada menu cek iuran. Sementara untuk daftar fasilitas kesehatan, imbuh dia, dapat dilihat di website BPJS Kesehatan, aplikasi BPJS Kesehatan Mobile, atau melalui Care Center BPJS Kesehatan di 1500-400.

Untuk memastikan kelancaran peserta dalam memperoleh pelayanan kesehatan yang diperlukan, BPJS Kesehatan juga telah menciptakan aplikasi Mudik BPJS Kesehatan. Aplikasi itu dapat di-download secara gratis di Google Play Store untuk perangkat Android. Pada aplikasi itu tersedia telepon penting, alamat kantor BPJS Kesehatan, fasilitas kesehatan mitra BPJS Kesehatan, Tanya-jawab BPJS Kesehatan, info BPJS Kesehatan, tips BPJS Kesehatan, lokasi-lokasi penting, serta media sosial BPJS Kesehatan.

Berita Tekait

banner kki

pelatihan perencanaan anggaran jkn3

bl pembiyaan

evaljkn18

monevjkn17

calon fasilitator

cop 01
cop 01
cop 01
policy

Policy Paper