Mudik Lebaran, Pelayanan Kesehatan BPJS Masih Bisa Diakses Tanpa Ribet

Mudik Lebaran, Pelayanan Kesehatan BPJS Masih Bisa Diakses Tanpa Ribet

SURABAYA - Pekan Lebaran menjadi momen masyarakat dalam mengunjungi luar daerah menemui sanak saudara.

Untuk memudahkan pelayanan kesehatan peserta BPJS Kesehatan, BPJS Kesehatan memberikan kemudahan pelayanan kesehatan peserta BPJS yang juga pemudik.

Yaitu tanpa melapor ke kantor BPJS Kesehatan tempat mendapatkan pelayanan kesehatan.

Kepala BPJS Kantor Cabang Utama (KCU) Kota Surabaya, Cucu Zakaria mengungkapkan di Surabaya terdapat 40 fasilitas kesehatan rujukan tingkat lanjutan (FKRTL) yang bekerjasama dengan BPJS untuk memberikan pelayanan kesehatan.

Jumlah ini meningkat dibandingkan tahun lalu yang hanya 31 FKRTL.FKRTL ini berupa klinik utama dan rumah sakit yang menjadi faskes tingkat lanjut atau rujukan dari faskes pratama setiap harinya.

“Pelayanan ini hanya menunjukkan kartu BPJS, jadi kartu BPJS harus selalu dibawa dan dalam kondisi aktif. Kalau emergensi di semua rumah sakit tidak boleh menolak,”jelasnya pada SURYA.co.id, Kamis (15/6/2017).

Dikatakannya, jika usai pelayanan emergensi masih dibutuhkan penanganan lebih lanjut.

Maka peserta BPJS harus dirujuk ke rumah sakit yang bekerja sama dengan BPJS.

“Kalau pelayanan non emergensi harus ke faskes yang bekerja sama dengan BPJS. Kalau tidak tahu bisa menghubungi 1500400 untuk bertanya faskes terdekat dengan kolasi peserta,”ungkapnya.

Melalui pelayannan care center di 1500400, lanjutnya, peserta BPJS juga Bisa berkonsultasi kesehatan. Mulai Senin hingga Jumat pada pukul 07.00 hingga 20.00 WIB.

“Kalau memang kesukitan menjangkau faskes, bisa konsultasi kesehatan obat sementara yang direkomendasikan apa dengan telfon care center kami,”jelasnya.

Selain itu, untuk di Surabaya terdapat posko kesehatan BPJS trdekat di terminal Purabaya. Posko ini ditempatkan sebagai pertimbangan bnayaknya pemudik yang menggunakan terminal ini.

“Dokter di posko siaga 24 jam bersama perawat dan bagian administras. Juga ada driver dan ambulans yang standby jika butuh rujukan,”lanjutnya.

Berita Tekait

banner kki

pelatihan perencanaan anggaran jkn3

bl pembiyaan

evaljkn18

monevjkn17

calon fasilitator

cop 01
cop 01
cop 01
policy

Policy Paper