Kesediaan Memiliki Askes Berbasis Komunitas di Debub Bench - Ethiopia

PKMK – Tingginya beban penyakit yang ditanggung Ethiopia masih dihadapkan pada terbatasnya pemanfaatan pelayanan kesehatan modern. Salah satu sebab rendahnya utilisasi adalah adanya skema biaya retribusi. Peralihan sistem pembayaran out-of-pocket pada layanan kesehatan merupakan langkah utama dalam pembiayaan pelayanan kesehatan. Namun sistem pra bayar belum terbiasa di Ethiopia sehingga skema asuransi kesehatan sosial dan berbasis komunitas diperkenalkan sejak 2010.

Studi cross-sectional ini melakukan penilaian pada kesediaan rumah tangga di Bench – Ethiopia untuk memiliki asuransi kesehatan berbasis komunitas. Hasil studi menunjukkan bahwa sekitar 78 % responden bersedia untuk bergabung dan memiliki skema asuransi kesehatan sosial tersebut. Variabel demografi, sosial ekonomi, dan modal asing ditemukan signifikan berhubungan dengan kesediaan untuk memiliki asuransi kesehatan berbasis komunitas.

Dimulainya skema tersebut di kabupaten ini diharapkan sebagian besar rumah tangga akan mendaftarkan diri pada asuransi kesehatan berbasis komunitas. Pekerja informal maupun formal, kelompok etnis Bench, dan buta huruf juga memungkinkan untuk menjaga bagian dari skema asuransi kesehatan sosial tersebut. Seperti halnya di Indonesia yang sedang menjalankan skema Jaminan Kesehatan Nasional menuju Universal Health Coverage. Untuk mempelajari selengkapnya dapat mengakses link berikut

pendaftaran-alert

regulasi-jkn copy

arsip-pjj-equity

Dana-Dana Kesehatan

pemerintah

swasta-masy

jamkes

*silahkan klik menu diatas

Policy Paper

Link Terkait

jamsosidthe-lancet