Community of Practice
Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)

border

jkn 2004

 Pengantar

Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) adalah bagian Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) yang dilaksanakan secara bertahap oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan menuju universal health coverage (UHC). Penyelenggaraan JKN sejak 1 Januari 2014 membawa reformasi bagi pembiayaan pelayanan kesehatan, sistem pelayanan kesehatan, dan pembayaran pelayanan kesehatan. Reformasi ini menjadi momentum untuk monitoring dan evaluasi penyelenggaraan program JKN.

Di level daerah dan nasional, masih banyak ditemukan berbagai kendala dan tantangan dalam implementasi JKN selama 2 tahun berjalan. Sebagai praktisi maupun akademisi perlu untuk mengamati perjalanan JKN untuk menuju UHC pada tahun 2019. Berdasarkan latar belakang tersebut, PKMK FK UGM bermaksud menyelenggarakan diskusi virtual Pengembangan Community of Practice (Masyarkat Praktisi) terkait  JKN di Indonesia.

Community of Practice (CoP) sendiri merupakan komunitas dari berbagai peminat yang concern untuk membahas suatu topik sebagai bagian dari penyebaran pengetahuan dan informasi penting terkait isu – isu yang sedang berkembang. Anggota CoP akan mendiskusikan berbagai hal terkait salah satu isu JKN di Indonesia secara terfokus. Dengan adanya diskusi virtual pengembangan CoP ini, diharapkan akan ada diskusi yang terfokus untuk perbaikan kebijakan di bidang reformasi pembiayaan kesehatan di Indonesia.

pemda 01 pemda 02
pemda 02 pemda 02

pendaftaran-alert

regulasi-jkn copy

arsip-pjj-equity

Policy Paper

Link Terkait

jamsosidthe-lancet