http://www.worldbank.org/content/dam/Worldbank/Feature%20Story/EAP/Indonesia/jamkesmas-KF-735x490.jpg

Sebagai salah satu jurnal yang dipublikasi di International Journal for Equity in Health, penelitian Ileana Vilcu dan Inke Mathauer membahas mengenai kebijakan transfer daerah terhadap pembiayaan jaminan kesehatan dalam mencapai cakupan semesta (universal health coverage). Studi ini juga menjelaskan mengenai beberapa pola kelembagaan dan tantangan dalam meningkatkan cakupan sektor informal di negara-negara Eropa Timur yang berpenghasilan tinggi.

Studi ini kurang lebih menyimpulkan bahwa pengalihan dana pemerintah untuk membebaskan kelompok rentan dari besaran kontribusi adalah salah satu pilihan untuk meningkatkan capaian universal health coverage. Walaupun hampir semua negara memiliki cakupan kepesertaan tinggi, namun perlindungan finansial masih menjadi tantangan tersendiri, terlebih jika dihadapkan dengan permasalahan akses terhadap pelayanan kesehatan.

Kenaikan anggaran transfer daerah tahun 2016 di Indonesia juga diharapkan dapat mendukung penyelenggaraan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Beberapa pembelajaran dari studi Ileana dan Inke untuk pengembangan kebijakan pembiayaan kesehatan di Indonesia dapat Bapak/ Ibu akes melalui link berikut 

report icon State budget transfers to Health Insurance Funds for universal health coverage

bl pembiyaan

monevjkn17

calon fasilitator

cop 01
cop 01
cop 01
policy

pendaftaran-alert

lapjkn

regulasi-jkn copy

arsip-pjj-equity

Arsip Kegiatan

Dana-Dana Kesehatan

pemerintah

swasta-masy

jamkes

*silahkan klik menu diatas

Policy Paper

Link Terkait

jamsosidthe-lancet