Sesi Kuliah Umum I: Bill Swan

Development of Health Economic as Academic Profession

2-billswan

Sesi pertama kuliah umum diberikan oleh Bill Swan, yang saat ini menjabar sebagai Deputy CEO International Health Economics Association (iHEA). Bill Swan menjelaskan beberapa pesan penting seputar profesi health economist, perkembangan iHEA sebagai sebuah organisasi global, dan tantangan yang perlu diantisipasi oleh InaHEA sebagai organisasi yang baru saja lahir.

Bill Swan dalam presentasinya menjelaskan bahwa istilah health economist tidak pernah didefinisikan secara jelas. Saat ini, ahli-ahli health economist berasal dari berbagai latar belakang, termasuk ekonom, dokter atau klinisi, dan profesional kesehatan masyarakat hingga epidemiologi. Latar belakang yang beragam ini justru menunjukkan bahwa ekonomi kesehatan merupakan bidang yang dapat menarik semua profesi di bidang kesehatan dan relevan untuk setiap orang yang terlibat di dalamnya.

Ekonomi kesehatan sendiri awalnya merupakan “anak tiri” di bidang ekonomi yang lebih luas, karena dianggap bukan merupakan bidang yang serius dan memiliki massa yang besar. Walaupun ilmu ekonomi kesehatan telah muncul sejak lama, yaitu di tahun 1920-an saat para dokter mulai melakukan perhitungan unit cost, ilmu ini baru sering muncul di tahun 1960-an dan melalui proses pendewasaan yang cepat hingga tahun 2000-an. Salah satu tulisan terkenal yang membuat bidang ilmu ini melonjak adalah tulisan Kenneth Arrow yang menjadi fondasi ekonomi kesehatan di tahun 1963.

Secara keilmuan, ekonomi kesehatan mulai semakin berkembang dengan diterbitkannya Journal of Health Economic di tahun 1981. Pendidikan resmi setara master untuk ekonomi kesehatan juga mulai bermunculan pada tahun 1960-an dan 1970-an. Kemunculannya ditandai dengan dibukanya berbagai kelas di York University dan Harvard University. Sejak 1970-an juga, mulai muncul organisasi ekonomi kesehatan di berbagai negara dan kawasan, seperti HEST di Canada dan CHERA yang merupakan study group para pemerhati ekonomi kesehatan.

Sejarah iHEA sendiri dimulai dari 20 tahun yang lalu, saat sebuah perkumpulan dengan anggota internasional dibentuk dengan tujuan meningkatkan komunikasi antar anggotanya. Kongres iHEA yang pertama dilangsungkan pada tahun 1996 di Vancouver dan dihadiri oleh 652 peserta. Saat kongres iHEA yang ke-9 dilaksanakan pada tahun 2013 di Sydney, sekitar tiga ribu peserta membanjiri konferensi tersebut.

Perkembangan iHEA dan bidang ekonomi kesehatan saat ini dinilai oleh Bill Swan telah menunjukkan regenerasi ke para ahli dan pengurus yang lebih muda. Perkembangan penting lain di bidang ini adalah terjadinya transisi penggunaan ilmu itu sendiri, yang dulu didominasi oleh aplikasi ilmu ekonometrik ke penelitian dan program yang lebih diarahkan untuk penyusunan kebijakan kesehatan.

Sebagai organisasi yang telah melewati perkembangan teknologi yang cukup pesat, seperti sistem internet atau cloud yang mempermudah penyebaran data dan informasi, Bill Swan juga mengingatkan agar InaHEA ke depannya mampu beradaptasi terhadap perkembangan ini dengan selalu menjaga keamanan sistem informasi para anggotananya. Refleksi yang diberikan oleh Bill Swan ini diharapkan dapat menjadi pembelajaran terutama untuk organisasi InaHEA yang baru saja lahir.

backKembali ke halaman utama reportase InaHEA

bl pembiyaan

monevjkn17

calon fasilitator

cop 01
cop 01
cop 01
policy

pendaftaran-alert

lapjkn

regulasi-jkn copy

arsip-pjj-equity

Arsip Kegiatan

Dana-Dana Kesehatan

pemerintah

swasta-masy

jamkes

*silahkan klik menu diatas

Policy Paper

Link Terkait

jamsosidthe-lancet