Use of Health Economics in Health Policy

Oleh: Michael Drummond

Di sesi kedua kuliah umum ini, Michael Drummond, profesor di bidang Health Economics yang juga penulis buku Methods for the Economic Evaluation of Health Care Programmes, memaparkan mengenai sejarah perkembangan ilmu ekonomi kesehatan. Ilmu ekonomi kesehatan lahir di pertengahan tahun 1960-an dan pendidikan pasca sarjana pertama di bidang ekonomi kesehatan didirikan pada tahun 1979. Sampai saat ini, ilmu ekonomi kesehatan telah diaplikasikan untuk pengembangan sistem dan intervensi kesehatan. Salah satu topik terpenting dimana ilmu ekonomi kesehatan banyak diaplikasikan yaitu pengkajian obat, teknologi dan peralatan kesehatan untuk mengembangkan pedoman penatalaksanaan klinis. Pengkajian obat, teknologi dan peralatan kesehatan, yang telah dimanfaatkan untuk analisa dan pengambilan keputusan terkait reimbursement, telah diaplikasikan di berbagai negara di Eropa, Australia, dan di Kanada.

Beberapa tantangan terkait evaluasi obat dan teknologi kesehatan yaitu adanya sistem kontrol lokal yang sudah ada lebih dulu, variasi dari tingkat ketelitian dan metodologi evaluasi ekonomi yang ada, dan proses evaluasi yang memakan waktu. Namun permintaan akan evaluasi ekonomi di bidang kesehatan ini terus meningkat dengan semakin berkembangnya permasalahan dalam dunia kesehatan terutama di level nasional, misalnya tingginya non-compliance terhadap pedoman pengobatan. Pada titik ini, dunia medis mulai menyadari pentingnya analisis benefit-risk dari segi ekonomi untuk melengkapi aspek klinik dari suatu pengobatan. Dengan adanya ilmu evaluasi ekonomi kesehatan ini, pendefinisian capaian untuk berbagai terapi kesehatan pun menjadi lebih jelas, kemudian alternatif dari first line treatments lebih dipertimbangkan, perusahaan obat menjadi memiliki visi pengembangan mutu klinik yang lebih baik dan tidak semata mementingkan profit, serta pengambilan keputusan yang lebih evidence-based oleh para stakeholder. Penggunaan ilmu evaluasi ekonomi kesehatan ini pun menjadi merambah pada intervensi kesehatan masyarakat dan pengambilan keputusan di tingkat lokal.

Michael Drummond memaparkan praktik pemanfaatan ilmu evaluasi ekonomi kesehatan oleh NICE di UK mengenai pedoman pengobatan kanker. Adanya evaluasi ekonomi berkontribusi pada pengobatan kanker baik dari segi indikasi, rekomendasi, dan restriksi obat. Evaluasi ekonomi kesehatan ini melahirkan kesepakatan dari kementerian dan penyelenggara asuransi untuk beberapa pedoman pengobatan.

backKembali ke halaman utama reportase InaHEA

monevjkn17

calon fasilitator

cop 01
cop 01
cop 01
policy

pendaftaran-alert

lapjkn

regulasi-jkn copy

arsip-pjj-equity

Arsip Kegiatan

Dana-Dana Kesehatan

pemerintah

swasta-masy

jamkes

*silahkan klik menu diatas

Policy Paper

Link Terkait

jamsosidthe-lancet