Category: PJJ Monev BPJS

Program Pelatihan Jarak Jauh

Perbaikan Proposal Penelitian Monitoring dan Evaluasi

Jaminan Kesehatan Nasional 2014

Dengan Fokus Pada Kebijakan

Diselenggarakan oleh:

Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan Fakultas Kedokteran UGM


  Pendahuluan

Jaminan Kesehatan Nasional akan mulai efektif berjalan pada awal tahun 2014 sesuai amanat Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN). Tahap selanjutnya adalah cakupan kepesertaan semesta seluruh penduduk Indonesia sampai dengan tahun 2019. Pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional ini diselenggarakan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan yang dibentuk oleh Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2011. Berlakunya Jaminan Kesehatan Nasional memberikan dampak pada perubahan pembiayaan menuju Universal Coverage. Pertanyaannya adalah dengan berlakunya Jaminan Kesehatan Nasional ini apakah kesenjangan pemerataan pelayanan kesehatan semakin membaik atau memburuk?

Ketidamerataan ketersediaan fasilitas kesehatan, tenaga kesehatan dan kondisi geografis, menimbulkan masalah baru berupa ketidakadilan antara kelompok masyarakat. Sebagai gambaran di Indonesia timur: Di daerah kawasan timur yang jumlah providernya terbatas dan keterbatasan akses ke pelayanan kesehatan menyebabkan kurangnya supply (penyediaan layanan oleh pemerintah & pihak lain). Hal ini berimbas pada masyarakat di wilayah Indonesia bagian timur yang tidak memiliki banyak pilihan untuk berobat di fasilitas kesehatan. Sementara di wilayah Indonesia bagian barat dimana ketersediaan providernya banyak, diperkirakan pemanfaatan provider akan lebih banyak dan benefit package yang tidak terbatas. Hal yang mengkawatirkan adalah tanpa adanya peningkatan supply di Indonesia bagian timur, dana BPJS Kesehatan akan banyak dimanfaatkan di daerah-daerah perkotaan dan di wilayah Indonesia Barat. Situasi inilah yang membutuhkan kegiatan monitoring dengan seksama.

Kegiatan monitoring ini ini laksanakan secara bersama dengan melakukan pengembangan proposal penelitian bersama untuk melakukan monitoring dan evaluasi awal atas pelaksanaan kebijakan Jaminan Kesehatan Nasional pada tahaun 2014.