Reportase:
Kuliah Terbuka dan Blended Advocacy Monev JKN 2015

“Pembiayaan Kesehatan : Konteks Pemerataan dan Keadilan”

seminarKuliah Umum dan Blended Advocacy (Lembaga) - Foto: Dok PKMK 2015

Dalam rangka monitoring dan evaluasi kebijakan program JKN di Indonesia, Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan FK UGM bekerja sama dengan program studi S2 IKM FK UGM telah menyelenggarakan kuliah terbuka yang membahas mengenai prinsip pembiayaan kesehatan di Indonesia dalam konteks pemerataan dan keadilan. Kuliah terbuka ini juga menjadi bagian blended advocacy monev JKN yang diikuti oleh akademisi, praktisi, dan peneliti di 34 provinsi di Indonesia.

Sistem kesehatan dan sistem pembiayaan kesehatan merupakan topik awal yang dipaparkan oleh Prof. dr. Laksono Trisnantoro, Msc, PhD. Sebagai salah satu kerangka sistem kesehatan, maka fungsi dan tujuan sistem pembiayaan kesehatan perlu diperhatikan. Beliau turut menyampaikan beberapa mekanisme, seperti: revenue collection, pooling, dan purchasing beserta implementasinya di Indonesia. Materi beliau juga menyinggung beberapa risiko, skenario optimis, dan skenario pesimistis, bahkan “subsidi terbalik” dikhawatirkan terjadi dalam penyelenggaraan program JKN. Perlunya pihak independen untuk melakukan monitoring dan evaluasi kebijakan JKN menjadi salah satu kesimpulan dalam kuliah terbuka ini.

Belum adanya batas atas dalam total pengajuan klaim INA-CBG’s di rumah sakit dan beberapa fenomena upcoding yang terjadi, menjadi pertanyaan awal dalam sesi tanya jawab pada saat itu. Menurut Prof. Laksono tidak dapat dipungkiri bahwa banyak penyederhanaan sistem yang terjadi dalam penyusunan kebijakan JKN. Dr. drg. Yulita Hendrartini, MKes, AAK turut menekankan bahwa kontrol INA-CBG’s sangatlah penting, bahkan di negara lain sudah mengkombinasikan antara sistem INA-CBG’s dengan sistem global budget. Pertanyaan dari dr. Evi (BKOM dan Pelkes Sumbar) mengenai kejelasan regulasi mengenai anti fraud dan pembiayaan UKM dan UKP di Puskesmas dalam JKN perlu menjadi masukan bagi BPJS Kesehatan dan Kementerian Kesehatan.

Beberapa pertanyaan lainnya akan dibahas lebih lanjut dalam kegiatan blended advocacy monev JKN sesi berikutnya. Silahkan mengikuti kegiatan blended advocacy pada menu yang telah disediakan di website: manajemen-pembiayaankesehatan.net. Materi pada sesi kuliah terbuka ini dapat diakses melalui link berikut

  • Materi Kuliah 1
  • Materi Kuliah 2

 

monevjkn17

calon fasilitator

cop 01
cop 01
cop 01
policy

pendaftaran-alert

lapjkn

regulasi-jkn copy

arsip-pjj-equity

Arsip Kegiatan

Dana-Dana Kesehatan

pemerintah

swasta-masy

jamkes

*silahkan klik menu diatas

Policy Paper

Link Terkait

jamsosidthe-lancet