Masyarakat Praktisi (Community of Practice)

Equity dalam Kebijakan JKN

CoP Equity dalam Kebijakan JKN merupakan komunitas yang anggotanya berminat mengembangkan Kebijakan JKN di Indonesia. Tujuan komunitas ini adalah untuk:

  1. Berbagi tips dan pengalaman-pengalaman dalam penelitian, pengembangan, dan implementasi program dan kegiatan yang berhasil;
  2. Tempat berlatih, diskusi dan saling mendukung antar anggota;
  3. Kerjasama operasional dalam bidang pembiayaan kesehatan.

Kelompok ini anggotanya adalah praktisi yang aktif dalam penelitian dan konsultansi kebijakan JKN untuk pemerataan akses pelayanan kesehatan di Indonesia.

Latar Belakang

Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) adalah bagian Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) yang dilaksanakan secara bertahap oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan menuju universal health coverage (UHC). Beberapa monitoring dan evaluasi JKN menunjukkan pembiayaan pelayanan kesehatan masih jauh lebih besar dibandingkan total iuran peserta JKN. Peserta Bukan Penerima Bantuan Iuran (Non PBI) mendominasi pemanfaatan layanan kesehatan tersebut, dibandingkan dengan peserta PBI. Perbedaan geografis dan kesenjangan infrastruktur daerah menjadi salah satu penyebab in-equity dalam mengakses paket manfaat program JKN.

Diskusi oleh Community of Practice (CoP) ini diharapkan dapat berkontribusi dalam perbaikan penyelenggaraan program JKN. Pembentukan dan pengembangan CoP akan mengoptimalkan berbagai media, terutama terkait equity dalam serangkaian monitoring dan evaluasi JKN.

Tujuan

Kegiatan bertujuan untuk membentuk dan mengembangkan Community of Practice yang fokus dalam mewujudkan prinsip equity dalam penyelenggaraan program JKN.

Proses Kegiatan

Kegiatan dilaksanakan dengan melibatkan akademisi, praktisi, organisasi profesi, rumah sakit, Puskesmas, Dinas Kesehatan, dan kelompok masyarakat lainnya. Proses kegiatan terdiri dari pembuatan media komunikasi, diskusi, blended learning, dan penyusunan policy brief.

Hasil yang diharapkan

CoP dapat menyusun policy brief dan senantiasa meng-update rekomendasi/ alternatif solusi sesuai dengan perkembangan kebijakan program JKN.

Timeline

timel line 2

bl pembiyaan

monevjkn17

calon fasilitator

cop 01
cop 01
cop 01
policy

pendaftaran-alert

lapjkn

regulasi-jkn copy

arsip-pjj-equity

Arsip Kegiatan

Dana-Dana Kesehatan

pemerintah

swasta-masy

jamkes

*silahkan klik menu diatas

Policy Paper

Link Terkait

jamsosidthe-lancet