Sesi 6
Modul 2a: Benefit Incidence Analysis
Oleh: Adam Wagstaff and Caryn Bredenkamp

sesi-6-hari-1Suasa sesi 6 pada pre-symposium regionalApa keuntungan yang dapat dari pembiayaan dari pemerintah? Ini bisa diperoleh ketika menggunakan analisis ADePT. AdepT mampu digunakan sebagai alat analisis untuk mengetahui apakah pembiayaan pemerintah dalam hal ini subsidi pembiayaan kesehatan sampai kepada target, yaitu melindungi orang miskin akibat pembiayaan kesehatan. Analisis ini harus sejalan dengan data NHA yang ada. NHA digunakan sebagai sumber informasi data pembiayaan pemerintah, untuk pelayanan kesehatan, misalnya subsidi untuk rawat inap dan rawat jalan Rumah Sakit Pemerintah, Puskesmas atau program kesehatan lainnya. Analysis ini yang sering disebut analysis Benefit Incidence (BIA).

Intinya melihat apakah dana kesehatan dari pemerintah banyak dinikmati oleh keluarga miskin atau keluarga kaya. Indikator yang didapat adalah concentration indeks dari masing-masing pendanaan pemerintah untuk masing-masing unit pelayanan, misalnya apakah pelayanan puskesmas banyak digunakan oleh orang miskin atau kaya, pelayanan rawat inap RS Pemerintah digunakan oleh kaya atau miskin, pelayanan rawat jalan RS Pemerintah digunakan oleh kaya atau miskin.

AdepT tidak bisa melihat dari sisi rumah tangga, berapa besar tiap rumah tangga di subsidi oleh pemerintah. Sehingga harus menggunakan asumsi dari NHA.

Download Materi
 - Modul 2a Benefit Incidence Analysis
 - Modul 1b Inequalities and inequities in health and health care utilization

monevjkn17

calon fasilitator

cop 01
cop 01
cop 01
policy

pendaftaran-alert

lapjkn

regulasi-jkn copy

arsip-pjj-equity

Arsip Kegiatan

Dana-Dana Kesehatan

pemerintah

swasta-masy

jamkes

*silahkan klik menu diatas

Policy Paper

Link Terkait

jamsosidthe-lancet