Effects of HEF extension to health centers in Cambodia evidence from an experiment

Bruno Meesen, Institue for Tropical Medicine, Antwerp


Bruno-MeesenBruno Meesen, Institue for Tropical Medicine, Antwerp

Sesi selanjutnya oleh Bruno, sesi ini mencoba menjelaskan penelitian lain di Kamboja. Permasalahan yang diungkap di Kamboja mengenai UHC adalah rendahnya penggunaan di layanan public dimana rumah sakit swasta juga bermasalah pada kualitas layanan. Problem kesejahteraan untuk rumah tangga seperti biaya yang tidak rasional pada pelayanan kesehatan dan manajemen penyakit. Masalah-masalah tentang kesejahteraan ini muncul pada saat ada ketidakefisienan dalam penggunaan sumber daya yang terbatas. Teori yang dipakai untuk membahas ini adalah teori asumsi, intervensi, yang terlibat dan apa dampaknya.

Khusus untuk intervensi dilakukan di level daerah dan diciptakan juga daerah kontrolnya untuk membandingnka temuan yang ada. Perubahan sistem kesehatan dan asuransi kesehatan dalam peneltian ini menunjukkan ada nya pengurangan model pembayaran langsung jasa pelayanan di puskesmas.

Temuan lain yaitu HEFs tidak memberikan dampak di Puskesmas, jasa/uang masih rendah, intervensi tidak tertuju untuk menyelesaikan permasalahan yang ada. Pasien rawat jalan banyak ditangani di provider swasta dan pemerintah diharuskan fokus menangani sektor swasta.

back Kembali ke halaman reportase