Review Buku

Going Universal: How 24 Developing Countries Are Implementing Universal Health Coverage from the Bottom Up

bedah buku who

Selain membahas penelitian bersama PKMK FK UGM, Ajay Tandon menjadi pembicara utama pada bedah buku “Going Universal : How 24 Developing Countries Are Implementing Universal Health Coverage Reforms From Bottom Up”. Buku yang telah ditulis oleh beliau bersama tim World Bank Group lainnya berusaha menyampaikan trend dan tantangan kebijakan dalam pelaksanaan cakupan semesta di 24 negara.

Selain menjawab beberapa pertanyaan audien (baik yang mengikuti secara webinar maupun tatap muka), Ajay menyatakan bahwa sebagian besar program jaminan sosial menjadikan masyarakat miskin sebagai sasaran utama. Adanya peran pemerintah yang mendanai 100% program jaminan sosialpun ditemukan Ajay pada kajian tersebut.

Walaupun basis studi ini terjadi sebelum tahun 2014, namun Ajay tetap khawatir bahwa out of pocket dari peserta jaminan kesehatan masih tinggi sampai saat ini, termasuk di Indonesia. Pendekatan supply-side dan demand-side menjadi salah satu rekomendasi yang ditekankan oleh beliau. Berbagai hal menarik lain yang dapat menjadi pembelajaran dalam membangun Jaminan Kesehatan Nasional di Indonesia dapat diakses selengkapnya melalui buku berikut. 

Download Buku :
Going Universal: How 24 Developing Countries Are Implementing Universal Health Coverage from the Bottom Up

Arsip Video

video icon Sesi 1. Pemaparan oleh Pandu Harimurti (WHO)

video icon Diskusi Sesi 1

video icon Sesi 2. Pemaparan oleh Ajay Tandon (WHO)

video icon Diskusi Sesi 2

video icon Sesi 3. Pemaparan oleh Ajay Tandon, Pandu Harimurti dan Emiko Masaki (WHO)

video icon Diskusi Sesi 3