Pengantar

Blended Learning Pembiayaan Kesehatan

borderx

video thumb

Latar Belakang

Seperti di banyak negara lainnya, Indonesia telah mengambil peran yang sangat besar dalam mewujudkan sistem asuransi kesehatan nasional untuk mendukung upaya mencapai tujuan kesehatan nasional. Sistem asuransi kesehatan nasional (Jaminan Kesehatan Nasional/JKN) memampukan masyarakat untuk mengakses pelayanan kesehatan baik dalam sektor publik maupun swasta dengan mudah dan memberikan perlindungan terhadap biaya kesehatan yang seringkali menjadi bencana bagi masyarakat miskin. Saat ini kami mempersiapkan pelatihan dalam pembiayaan kesehatan yang mencakup sektor publik dan swasta. Kegiatan ini memberikan kesempatan pada peserta untuk mendiskusikan bagaimana kebijakan pembiayaan kesehatan dapat digunakan untuk meningkatkan kinerja sistem kesehatan dalam mendukung tujuan Universal Health Coverage (cakupan kesehatan semesta) melalui upaya mengikutsertakan sektor swasta.

Kursus ini memberikan kemampuan dalam melakukan analisa secara kritis mengenai berbagai model sistem pembiayaan kesehatan dari perspektif pengambilan kebijakan. Pengumpulan pendapatan (revenue collection) dan konsep pembelian strategis (strategic purchasing) juga akan dipelajari secara terperinci dengan mendiskusikan implikasinya terhadap pengambilan kebijakan dan manajemen sistem kesehatan. Kursus ini secara khusus memberi perhatian pada tantangan-tantangan dalam isu e siensi, keadilan dan akuntabilitas. Kursus ini menekankan pada aspek-aspek pembiayaan kesehatan yang sangat relevan untuk pengambilan kebijakan dalam konteks desentralisasi.

Peserta yang bergabung dalam kursus ini juga akan mendiskusikan bagaimana kebijakan pembiayaan kesehatan dapat digunakan untuk memperbaiki kinerja sistem kesehatan dalam mendukung Universal Health Coverage. Selama kursus, peserta akan menggunakan sebuah framework untuk menganalisa dan mere eksikan kinerja sistem kesehatan lokal mereka, menilai masalah-masalah yang dihadapi, dan mendiskusikan gagasan-gagasan dengan para ahli dari kementrian maupun akademisi serta pembelajaran dari peserta yang berasal dari wilayah lainnya. Dalam rangka membangun wawasan dan keahlian lokal, kursus ini juga akan memperkuat universitas-universitas lokal sebagai partner bagi pemerintah lokal di wilayah untuk selanjutnya mengembangkan kapasitas mereka.

Tujuan

  1. Untuk membangun kapasitas universitas- universitas lokal dan pusat-pusat pelatihan sebagai pusat unggulan dalam hal pembiayaan kesehatan.
  2. Untuk membantu peserta dalam memahami prinsip-prinsip dalam pembiayaan untuk kesehatan dalam sektor publik dan swasta.
  3. Untuk membantu peserta dalam memahami tantangan-tantangan dalam pembiayaan kesehatan.
  4. Untuk membantu dalam menginisiasi diskusi-diskusi yang akan melibatkan stakeholders dari berbagai wilayah yang berbeda untuk sharing dan pembelajaran.

user group icon kecil Peserta

Peserta yang diharapkan berasal dari : Universitas, Poltekes, Stikes, Bapelkes, Dinkes, LSM Kesehatan, Lembaga Konsultasi Kesehatan, dan peminat lainnya.

Disamping mendapatkan manfaat dari kursus pembiayaan kesehatan, peserta juga dapat mengembangkan kapasitas mereka untuk mengorganisir webinar-webinar di wilayah mereka.

Waktu Pelaksanaan

 Bulan Hari/ Tanggal Topik
Mei Rabu, 3 Mei 2017 Pengantar sistem kesehatan Indonesia
Selasa, 9 Mei 2017 Pengantar sistem pembiayaan kesehatan Indonesia
Rabu, 17 Mei 2017 Tantangan efisiensi, keadilan, akuntabilitas dalam pembiayaan kesehatan di Indonesia
Rabu, 24 Mei 2017 Pengantar sistem jaminan kesehatan Indonesia
Juni, Juli Selasa, 6 Juni 2017 Tantangan revenue collection di Indonesia
Selasa, 13 Juni 2017 Tantangan konsep single pool dalam JKN
Selasa, 11 Juli 2017 Tantangan penerapan konsep strategic purchasing
Selasa, 18 Juli 2017 Pengantar sistem pelayanan kesehatan Indonesia
Selasa, 25 Juli 2017 Tantangan penerapan koordinasi manfaat dan cost sharing
Agustus Selasa, 1 Agustus 2017 Manajemen kelembagaan jaminan kesehatan di Indonesia
Selasa, 8 Agustus 2017 Manajemen pencegahan fraud dalam pembiayaan dan jaminan kesehatan di Indonesia
Selasa, 15 Agustus 2017 Tantangan pembagian peran BPJS Kesehatan, Pemerintah Pusat, dan Pemerintah Daerah
Selasa, 22 Agustus 2017 Ujian

icon resume Tempat Pelaksanaan

  1. Kegiatan Tatap Muka: di salah satu provinsi baik di regional Barat, Tengah, maupun Timur.
  2. Kegiatan Webinar: penyelenggara PKMK FK UGM; peserta di lokasi tugas masing-masing
  3. Pendampingan peserta (sesuai kebutuhan): di lokasi tugas masing-masing.

diagram, tree structure icon Struktur Pembelajaran

Ada dua tipe mekanisme pembelajaran dalam kursus ini. Tipe yang pertama adalah pembelajaran dengan metode blended learning berbasis web, dan yang kedua adalah melalui seminar-seminar eksekutif berbasis web. Modul- modul pembelajaran dikembangkan dengan berkolaborasi dengan Badan Pemberdayaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kesehatan, Kementrian Kesehatan (BPPSDM), Pusat Pembiayaan Kesehatan dan Asuransi, Kementrian Kesehatan (P2JK), Ditambahkan ( BPJS Kesehatan, dan Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan (PKMK) serta Pusat Studi Kebijakan Pembiayaan dan Manajemen Asuransi Kesehatan (KPMAK).