Category: agenda

1st INDONESIAN HEALTH ECONOMICS ASSOCIATIONCONGRESS

Hotel Grand Royal Panghegar, Bandung, Jawa Barat
Tanggal 24 - 25 Januari 2014


 

Pengantar

Pembiyaan kesehatan Indonesia untuk kesehatan masyarakat memasuki babak baru dengan diberlakukannya Jaminan Kesehatan Nasional pada awal Januari 2014. Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) akan membayar fasilitas kesehatan (dokter praktik, klinik, rumah sakit) secara prospektif yang akan mengubah total sistem kesehatan Indonesia. Kendali biaya dan sumber daya lain akan sangat diperlukan. Persaingan di tingkat pelayanan (rumah sakit, klinik, apotek, dan lain – lain) akan berfokus pada kendali biaya dan kualitas layanan. Pilihan obat yang termasuk dalam pembayaran kapitasi dan CBG akan menjadi komponen penting. Pilihan obat berharga murah tidak menjamin kendali biaya dan kendali mutu. Karenanya, kajian, kompetensi ekonomi petugas, kemampuan analisis ekonomi, dan kemampuan mengendalikan biaya dan mutu sangat diperlukan berbagai pihak.

Sehubungan dengan hal tersebut, Indonesian Health Economics Association (INAHEA) yang baru saja didirikan akan menggelar seminar dua hari dan mengundang sejawat untuk mengirim abstract sebagai bahan makalah lokal yang akan dibahas bersama-sama. Selain dipresentasikan abstract-abstract tersebut juga akan dibahas oleh pembicara internasional yang diundang, seperti tokoh ekonomi kesehatan Michael Drummon dan Manajer IHEA, Bill Swan.

Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan Fakultas Kedokteran UGM, berkesempatan menghadiri kongres INAHEA tersebut. PKMK FK UGM akan melaporkan secara langsung kongres tersebut dan akan menyajikan secara jelas di website ini. 

Silahkan  Jadwal Kongres INAHEA berikut untuk memperoleh informasi mengenai reportase dan file presentasi.

pendaftaran-alert

regulasi-jkn copy

arsip-pjj-equity

Dana-Dana Kesehatan

pemerintah

swasta-masy

jamkes

*silahkan klik menu diatas

Policy Paper

Link Terkait

jamsosidthe-lancet