Determinan Kepemilikan Program Asuransi Kesehatan (Studi di Kenya)

PKMK – Pemerintah Kenya telah merencanakan untuk melaksanakan program jaminan kesehatan sosial dengan mengubah dana asuransi nasional rumah sakit / national hospital insurance fund (NHIF) menjadi program jaminan kesehatan universal (universal health coverage). Faktor penentu yang terkait kepemilikan asuransi kesehatan menjadi salah satu fokus utama dalam kajian awal pada reformasi pembiayaan tersebut.

Menurut data nasional survei demografi dan kesehatan tahun 2008-2009 maka status pekerja formal, status pernikahan, paparan media massa, tingkat pendidikan dan ekonomi adalah faktor penentu dalam kepemilikan kepesertaan asuransi kesehatan di kalangan perempuan Kenya. Faktor geografis juga menunjukkan bahwa wanita di Pusat dan Prov. Timur Utara kurang memungkinkan untuk diasuransikan daripada di Prov. Nairobi.

Tranformasi NHIF menjadi program jaminan kesehatan universal merupakan hal yang penting bagi pemerintah Kenya terutama untuk masyarakat yang miskin dalam rangka meningkatkan ekuitas dan akses ke pelayanan kesehatan. Walaupun berbeda tetapi Indonesia juga sedang melakukan tranformasi pembiayaan menuju universal health coverage sehingga unutuk penjelasan selengkapnya

pendaftaran-alert

regulasi-jkn copy

arsip-pjj-equity

Dana-Dana Kesehatan

pemerintah

swasta-masy

jamkes

*silahkan klik menu diatas

Policy Paper

Link Terkait

jamsosidthe-lancet