Menengok Kembali Hasil Symposium Global Sistem Kesehatan Tahun 2014

capetw

PKMK – Pertemuan ketiga ini merupakan symposium lanjutan dari pertemuan di Montreux (2010) dan Beijing (2012) yang mengusung misi pengembangan penelitian sistem kesehatan dan menggunakan kapasitas global dalam rangka menciptakan, berbagi, dan menerapkan ilmu pengetahuan untuk memperkuat sistem kesehatan. Transformasi pendidikan tenaga kesehatan menjadi salah satu pendekatan yang disampaikan di hari pertama dalam mewujudkan equity dan mengatasi bottleneck gap.

Pertemuan yang dibuka oleh Margaret Chan selaku Director WHO Geneva ini menekankan perlunya sistem kesehatan yang people center. Debora selaku koordinator US Global AIDS juga menekankan perlunya kontrol epidemik dengan pendekatan right things, right place, and right times. Sesi yang tidak kalah menarik adalah mengenai pengukuran, pembelajaran, dan pengembangan performa pelayanan kesehatan primer yang menggunakan metrik 1.0 dan metrik 2.0.

Sesi hari kedua diawali dengan pemaparan upaya kolaborasi global rumah sakit di negara-negara berpendapatan rendah dan menengah, disertai dengan rencana jangka pendek dan menengah dari Global Hospital Collaborative (GHC) tersebut. Banyak kajian lain di beberapa negara yang juga berperan penting dalam penguatan sistem kesehatan. Beberapa terangkum dalam reportase yang selengkapnya dapat diakses kembali melalui link berikut 

pendaftaran-alert

regulasi-jkn copy

arsip-pjj-equity

Dana-Dana Kesehatan

pemerintah

swasta-masy

jamkes

*silahkan klik menu diatas

Policy Paper

Link Terkait

jamsosidthe-lancet