Tujuan

Tujuan Umum

Tujuan umum dari studi ini adalah memetakan dan mengembangkan instrumen untuk menelusuri perencanaan, penganggaran, pembiayaan dan penyaluran dana kesehatan dari Pemerintah Pusat ke Pemerintah Daerah yang dibutuhkan oleh fasilitas layanan kesehatan, dalam hal ini Puskesmas dan Rumah Sakit Umum Daerah. Pemetaan ini akan menjadi input pada kerangka instrumen penelusuran dana-dana kesehatan yang dikelola oleh Puskesmas dan Rumah Sakit Umum Daerah.

Tujuan Khusus

  1. Memetakan kebijakan pendanaan kesehatan di tingkat Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Daerah (top-down planning).
  2. Memetakan dan menelusuri pendanaan kesehatan dari perencanaan dan penganggaran, pencairan, dan realisasi di tingkat Pemerintah Daerah (bottom-up planning) di Puskesmas dan Rumah Sakit Umum Daerah.
  3. Mengidentifikasi hambatan penyaluran pendanaan untuk pelayanan kesehatan, di mana saat ini kerangka pendanaan kesehatan mengalami dinamika perubahan alur pendanaan seperti adanya JKN, serta meningkatnya dana transfer daerah melalui DAK dan DAK Non Fisik.
  4. Tinjauan terhadap instrumen alur pendanaan yang sudah ada (mengacu berdasarkan PP Nomor 39 Tahun 2006.
  5. Mengembangkan instrumen penelusuran alur pendanaan untuk pelayanan kesehatan bagi dinas kesehatan.

pendaftaran-alert

regulasi-jkn copy

arsip-pjj-equity

Dana-Dana Kesehatan

pemerintah

swasta-masy

jamkes

*silahkan klik menu diatas

Policy Paper

Link Terkait

jamsosidthe-lancet