Kajian Awal Penelitian Monev JKN di Lima Provinsi

jknPKMK – Beberapa program Pelatihan Jarak Jauh (PJJ) perbaikan proposal penelitian monitoring dan evaluasi Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) sudah dilaksanakan dari pendahuluan, literature review, metode, kerangka konsep, sampai dengan instrumen. Program PJJ yang diinisiasi oleh PKMK FK UGM telah melibatkan beberapa instansi dan perguruan tinggi dari kurang lebih 15 provinsi, diantaranya : USU (Sumatera Utara), Undip dan UNS (Jawa Tengah), Unpad (Jawa Barat), Undana (NTT) Uncen (Papua), Unmul (Kalimantan Timur), Unhas (Sulawesi Selatan), DKI Jakarta, Unlam (Kalimantan Selatan), dan sebagainya.

Field testing merupakan tindak lanjut PJJ Monev JKN, kegiatan ini berupa kegiatan percobaan, penelitian, atau uji coba instrumen yang dilakukan di bawah kondisi aktual pada lima provinsi yaitu DKI Jakarta, Yogyakarta, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan, dan Nusa Tenggara Timur. Field testing akan berlangsung selama bulan Januari 2014. Hasil kajiannya akan menjadi bahan pengembangan untuk penelitian Monev JKN tahap selanjutnya dan disampaikan dalam Kongres Indonesian Health Economics Association (INAHEA) tanggal 24-25 Januari 2014 di Bandung, Jawa Barat.

Batasan dalam field testing kali ini adalah sub penelitian 1a-1d dengan fokus input dan melibatkan responden dari BPJS Kesehatan Regional/Cabang, Provider, Asosiasi, Dinkes Provinsi atau Kab/ Kota, dan dokter spesialis dan sub spesialis yang selengkapnya dapat diakses melalui web http://manajemen-pembiayaankesehatan.net/. Hasil field testing akan menentukan model dan teknis penelitian Monev JKN tahap selanjutnya pada sekitar 15 provinsi atau lebih dari level kab/ kota di Indonesia.

Berikut ini rencana penulisan penelitian Monev JKN dalam perspektif pemerataan dan keadilan sehingga dapat memberikan gambaran umum beberapa kegiatan penelitian dalam Monev JKN 2014. Silahkan untuk membaca artikelnya lebih lanjut

pendaftaran-alert

regulasi-jkn copy

arsip-pjj-equity

Dana-Dana Kesehatan

pemerintah

swasta-masy

jamkes

*silahkan klik menu diatas

Policy Paper

Link Terkait

jamsosidthe-lancet