Kesenjangan Metode Ekonomi Mikro dan Makro (Studi Kasus Vaksinasi)

PKMK – Investasi vaksinasi dikenal sebagai intervensi yang menawarkan manfaat ekonomi dan intangible yang berpotensi profit bagi individu dan masyarakat. Metode mikroekonomi dan makroekonomi untuk mengevaluasi keuntungan ekonomi ini dikaitkan dengan perubahan status kesehatan. Kesenjangan pun mulai terjadi antara perkiraan mikro dan makro dalam kaitannya dengan status kesehatan beserta tantangan persepsinya.

Kesenjangan yang dimaksud menunjukkan bahwa metode melalui hubungan output dengan produktivitas kesehatan yang diukur dalam model ekonomi mikro tidak cukup mencerminkan manfaat ekonomi yang lebih luas. Transisi domain kemudian diusulkan sebagai perbaikan hubungan ekonomi mikro dan makro, bahkan saat ini metode evaluasi ekonomi dapat menghilangkan konsekuensi ini tapi tetap disesuaikan dengan integrasi transisi konsekuensi.

Hal tersebut dapat memicu multiplier terhadap biaya tidak langsung dalam perhitungan manfaat ekonomi makro vaksinasi sehingga pertimbangan medis dan intervensi perawatan kesehatan juga patut untuk dipertimbangkan. Variasi alokasi sumber daya dalam pelayanan kesehatan pun akan dapat terintegrasi dan terevaluasi dengan lebih baik. Metode ini juga berpotensi untuk diterapkan di aspek intervensi atau jenis pelayanan kesehatan selain vaksinasi terutama dalam analisis biaya dan evaluasi manfaat ekonomi dalam era Universal Health Coverage. Untuk mempelajari selengkapnya dapat mengakses

pendaftaran-alert

regulasi-jkn copy

arsip-pjj-equity

Dana-Dana Kesehatan

pemerintah

swasta-masy

jamkes

*silahkan klik menu diatas

Policy Paper

Link Terkait

jamsosidthe-lancet