Bagaimana Membuat Pilihan yang Adil dalam Upaya Menuju UHC

Bagaimana Membuat Pilihan yang Adil dalam Upaya Menuju UHC

who uhc

WHO-PKMK. Cakupan UHC telah menjadi pusat kekuatan sebagai upaya memperkuat sistem kesehatan, meningkatkan status, dan distribusi pelayanan kesehatan. Hal ini dinyatakan pada dokumen WHO dalam laporan terbarunya yang telah dirilis pada sebuah dokumen laporan akhir dari Consultatif Group Equity dan UHC. Laporan ini membahas isu-isu kunci dari keadilan dan equity pada UHC. Dengan demikian, laporan ini relevan bagi setiap aktor yang mempengaruhi pencapaian UHC dan bagi pemerintah khususnya yang bertugas mengawasi dan membimbing kemajuan pencapaian UHC.

Laporan ini membahas pilihan kritis keadilan dan equity yang terjadi pada upaya menuju UHC. Hal yang menarik, laporan ini tidak membahas terutama mengapa UHC seharusnya dicapai, namun difokuskan bagaimana cara mencapai UHC. Laporan ini memiliki perbedaan dengan laporan yang lain yang tidak hanya membahas permasalahan mendasar dan kesulitan implementasi, namun juga pendekatan-pendekatan yang digunakan dari berbagai keterlibatan ahli filsafat, ahli etika, ahli ekonomi, ahli kebijakan, dan dokter klinis.

Masih banyak hal-hal kritis yang dibahas pada laporan ini. Laporan ini penting dibaca oleh akademisi, peneliti, pemerhati kesehatan, lembaga donor, lembaga swadaya masyarakat, dan yang terpenting adalah pembuat kebijakan yaitu pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Silakan simak lebih lanjut 

pendaftaran-alert

regulasi-jkn copy

arsip-pjj-equity

Dana-Dana Kesehatan

pemerintah

swasta-masy

jamkes

*silahkan klik menu diatas

Policy Paper

Link Terkait

jamsosidthe-lancet