Kerangka Konsep


Lokasi Penelitian

Penelitian ini akan dilaksanakan di 33 provinsi di Indonesia dengan melibatkan Jaringan Universitas di seluruh Indonesia. Peneliti kesehatan masyarakat dari seluruh universitas akan berkolaborasi dalam penelitian ini.

Agenda dan Jadwal Penelitian

Penelitian ini akan berlangsung antara Januari-Februari 2014 (tentatif). Pengumpulan data sekunder dan wawancara di lapangan dilaksanakan antara Januari-April 2014 (tentatif).

Disain Studi

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif dalam pengumpulan data. Metode kuantitatif digunakan untuk melihat perbedaan cakupan layanan kesehatan antara sebelum dan sesudah implementasi program Jaminan Kesehatan Nasional, serta efektivitas program dalam mencapai tujuan program itu sendiri. Metode kualitatif digunakan untuk mendapatkan persepsi dari penyedia layanan, manajer program serta pasien terhadap program Jaminan Kesehatan Nasional serta tantangan dan hambatan yang ditemukan pada proses implementasinya. Studi ini akan melihat tantangan dan hambatan pada input, proses dan output pelaksanaan Jaminaka Kesehatan Nasional.


Kerangka Konsep Penelitian

kerangka-penelitianKerangka Konsep Penelitian{jcomments on}