Perubahan Sosioekonomi dalam Pembiayaan Kesehatan di Eropa

sosio-ekosumber: rand.orgPKMK – Pola pengeluaran kesehatan selama resesi besar sangat bervariasi dan berdampak pada sistem pembiayaan kesehatan terutama negara dengan pusat keuangan besar. Secara paralel, resesi menyebabkan peningkatan angka pengangguran, penurunan pendapatan dan mengarah pada penurunan belanja konsumen dan pendapatan pajak yang terkait. Kajian perubahan dalam sosioekonomi ditelusuri dari beberapa tahun terakhir untuk memberikan solusi atas permasalahan tersebut.

Data-data lintas nasional (EuroStat, IMF, dan World Bank edisi 2013) dari 27 negara Uni Eropa sejak tahun 1995 sampai 2011 dievaluasi dari segi politik, ekonomi, dan determinan perubahan sistem kesehatan terhadap pengeluaran kesehatan. Hasil menunjukkan bahwa penurunan pengeluaran kesehatan oleh Pemerintah tidak secara signifikan berhubungan dengan besarnya resesi ekonomi (perubahan tahunan GDP). Pinjaman IMF secara bermakna lebih memungkinkan untuk mengurangi anggaran kesehatan dari non-IMF.

Pinjaman biaya dari lembaga keuangan internasional, penerimaan pajak, dan penerapan potongan berkorelasi lebih erat daripada kondisi ekonomi atau orientasi politik terhadap perubahan pembiayaan kesehatan di negara Uni Eropa, untuk kajian selengkapnya diijelaskan pada link berikut

pendaftaran-alert

regulasi-jkn copy

arsip-pjj-equity

Dana-Dana Kesehatan

pemerintah

swasta-masy

jamkes

*silahkan klik menu diatas

Policy Paper

Link Terkait

jamsosidthe-lancet