Kajian Media Tentang Penyelenggaraan Jaminan Kesehatan Nasional

Pelayanan JKN yang mulai berjalan di awal 2014. sumber gambar: lamposPKMK– Jaminan Kesehatan Nasional merupakan bagian Sistem Jaminan Sosial Nasional yang dilaksanakan secara bertahap. Penyelenggaraan Jaminan Kesehatan Nasional sejak tanggal 1 Januari 2014 membawa reformasi sistem kesehatan. Mengingat pentingnya JKN maka dilakukan kajian media di seluruh Indonesia dalam bentuk studi perbandingan antar daerah.

Studi ini membandingkan beberapa aspek/ dimensi antar daerah dengan teknik content analysis yang bersumberkan dari media informasi nasional maupun lokal di 34 provinsi. Analisis informasi diklasifikasikan menjadi berita baik (dampak positif JKN) dan berita jelek (dampak negatif JKN, yang mencerminkan masalah pasca penyelenggaraan JKN). Hasil kajian memuat bahasan mengenai perbandingan pemberitaan positif dan negatif di tingkat nasional dan daerah, perubahan isu-isu dalam pemberitaan media nasional dan media di Pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku dan Papua.

Berikut disertakan hasil kajian awal pasca penyelenggaraan JKN selama 2 minggu pertama di bulan Januari 2014. Silahkan  untuk membaca lebih lanjut artikelnya.

pendaftaran-alert

regulasi-jkn copy

arsip-pjj-equity

Dana-Dana Kesehatan

pemerintah

swasta-masy

jamkes

*silahkan klik menu diatas

Policy Paper

Link Terkait

jamsosidthe-lancet