Inequity Sistem Pembiayaan Pelayanan Kesehatan Swiss (Perspektif Federal)

Inequity Sistem Pembiayaan Pelayanan Kesehatan Swiss (Perspektif Federal)

sumber: www.swisshealth.ch

PKMK – Pembiayaan kesehatan umumnya ada yang bersifat progresif dan regresif. Swiss merupakan negara yang menerapkan sistem pembiayaan regresif. Menurut kajian sistem pembiayaan OECD (2011) bahwa variasi kewilayahan terhadap kesenjangan pendapatan berkaitan dengan regresivitas pembiayaan kesehatan, perbedaaan ekuitas sistem pelayanan kesehatan, dan transformasinya dalam pembiayaan kesehatan di level rumah tangga.

Kurva konsentrasi dan tes dominasi relatif digunakan dalam menggambarkan distribusi penuh pendapatan dan belanja 3500 rumah tangga/ tahun di Swiss. Hasil menegaskan bahwa pembiayaan kesehatan di Swiss konsisten regresif sejak 1996. Walaupun transformasi pembiayaan kesehatan di level rumah tangga tidak terbukti, namun ditemukan adanya variasi ekuitas yang cukup signifikan.

Variasi yang signifikan dalam ekuitas dapat dijelaskan dengan federalisme fiskal dan otonomi yang terkait dalam desain pajak dan kebijakan sosial. Hasil yang dialokasikan subsidi dan kebijakan yang diambil untuk kelancaran regresivitas premi dinilai masih tidak cukup untuk mendukung sifat mandatory pada nilai premi asuransi kesehatan. Selengkapnya diijelaskan pada

pendaftaran-alert

regulasi-jkn copy

arsip-pjj-equity

Dana-Dana Kesehatan

pemerintah

swasta-masy

jamkes

*silahkan klik menu diatas

Policy Paper

Link Terkait

jamsosidthe-lancet