Tidak Miliki Kartu BPJS, Dua Anak Penderita HIV Ditolak RS

Jakarta: Seorang kakak dan dua adiknya diketahui telah terjangkit virus HIV. Ketiganya tinggal di Jalan Tanah Sereal, Tambora, Jakarta Barat. Namun, dari tiga anak itu, hanya satu yang berhasil mendapatkan perawatan medis, sedangkan dua anak lainnya ditolak pihak rumah sakit karena tidak memiliki kartu BPJS.

Laras, 9 tahun, dan Aji, 3 tahun, warga Tanah Sereal 13 RT 05/09 Tambora Jakarta Barat tidak berhasil mendapatkan perawatan medis, sedangkan Noval, 6 tahun, telah mendapatkan perawatan medis di RSUD Cengkareng, Jakarta Barat.

Menurut Ketua RW 09 Tantowi, ketiga anak yang berperawakan kurus itu telah ditinggal oleh kedua orang tua mereka yang meninggal akibat penyakit yang sama. Orang tua mereka yang diketahui bernama Nurjamah dan Suwardi juga tidak tidak mendapatkan perawatan secara medis hingga meninggal.  Kedua anak tersebut kini dirawat oleh nenek mereka yang bekerja sebagai tukang cuci.

Diketahui, pihak RS Tarakan Jakarta Pusat dan RSUD Cengkareng Jakarta Barat menolak keduanya karena tidak memiliki kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). Maka dari itulah kini, Suku Dinas Kesehatan Pemkot Jakarta Barat diharapkan segera memberikan perawatan medis kepada dua bocah tersebut. Untuk mengobati virus HIV yang semakin menggerogoti kondisi dua anak tersebut.

sumber: Metrotvnews.com

Berita Tekait

Policy Paper