Tentang Makassar Home Care, Layanan Kesehatan yang Raih Award Top Inovasi

Tentang Makassar Home Care, Layanan Kesehatan yang Raih Award Top InovasiTentang Makassar Home Care, Layanan Kesehatan yang Raih Award Top Inovasi

Makassar - Sudah cukup lama Pemkot Makassar memiliki layanan kesehatan Home Care Dottorotta. Belakangan layanan itu diapresiasi pemerintah sebagai salah satu top inovasi pelayanan publik. Bagaimana sebetulnya layanan kesehatan itu?

Program ini tidak memandang status warga. Siapa pun warga Makassar yang menghubungi Call Center Home Care Puskesmas terdekat dari rumahnya akan didatangi tim medis reaksi cepat sesuai dengan kondisi penyakit warga.

Seperti layanan Home Care di puskesmas Kassi-kassi, yang kerap mendatangi rumah warga kelurahan Kassi-kassi, Kec. Rappocini, yang membutuhkan pelayanan medik darurat.

"Warga yang kami layani dengan program home care hanya untuk kondisi tidak memungkinkan, seperti tidak bisa bangun, pasien lansia, pasien pasca operasi atau pasca kemotherapy dari semua kalangan, kaya-miskin dan segala usia," ujar Dr. Al Adeka Misbah, koordinator Home Care Puskesmas/RSP Kassi-kassi pada detikcom, Senin (30/5/2016).

Tim medis yang datang ke rumah warga, lanjut Dr. Ade, terdiri dari perawat, dokter atau bidan, tergantung kebutuhan pasien dengan menggunakan mobil Ambulance Mini Dottorotta yang dilengkapi peralatan dan obat-obatan standar. Setelah itu, dokter akan memeriksa kondisi pasien untuk menentukan tindak lanjut perawatan pasien, untuk dirawat di puskesmas atau di rumah sakit. Jika tidak membutuhkan perawatan serius, warga hanya diedukasi untuk memeriksakan kesehatannya di puskesmas.

Wali Kota Makassar Ramdhan Pomanto menunjukkan ambulans pendukung layanan home care dottorotta (Foto: M Nur Abdurrahman/detikcom)


Dr. Ade menambahkan, selain menunggu telepon dari warga yang membutuhkan layanan kesehatan, tim Home Care juga akan melayani perawatan pasien pasca operasi, setelah pihak rumah sakit menginformasikan ke Dinas Kesehatan Makassar yang kemudian meneruskan ke puskesmas yang terdekat dari rumah warga yang sakit.

Pasangan suami-istri Sunardi (57) dan Nanik (59), warga Kassi-kassi yang ditemui detikcom di Puskesmas Kassi-kassi, memuji terobosan layanan kesehatan Pemkot Makassar seperti home care dan pelayanan kesehatan lainnya.

"Sebagai warga biasa, kita sangat terbantu dengan perbaikan-perbaikan layanan kesehatan di kota Makassar, kesigapan, keramahtamahan, dan kelengkapan peralatan mediknya sangat memuaskan," ujar ibu Nanik.

Berkat layanan ini, Pemkot Makassar kembali meraih penghargaan Top 35 Inovasi Pelayanan Publik 2016. Penghargaan diserahkan Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla, yang didampingi Menpan RB Yuddy Chrisnandy pada Wali Kota Makassar Ramdhan Pomanto, di ruang Bhirawa hotel Bidakara, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Kamis, (26/05). Selain Makassar, kota lain yang mendapat penghargaan adalah Bandung, Balikpapan dan Pontianak. Event ini diadakan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PANRB) RI.
(mna/try)

sumber: detik.com

Berita Tekait

Policy Paper