Peserta BPJS Kesehatan Kini Bisa Melihat Riwayat Kesehatan Via Mobile Screening

BANDUNG -- Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan meluncurkan fitur mobile screening dengan nama Skrining Riwayat Kesehatan pada aplikasi BPJS Kesehatan Mobile di beberapa tempat di Indonesia, termasuk di Soreang, Kabupaten Bandung.

"Ini adalah langkah untuk mempermudah masyarakat, melalui aplikasi ini, peserta dapat mengakses beragam informasi terkait program jaminan kesehatan nasional secara cepat dan mudah, dimanapun dan kapanpun," ujar Jayadi selaku Kepala BPJS Kesehatan Cabang Soreang kepada Tribun saat berkunjung ke kantor Tribun Jabar, Jalan Sekelimus Utara Nomor 2-4, Bandung, Senin, (13/2).

Aplikasi BPJS Kesehatan Mobile dapat diunduh melalui Google Play Store.

Untuk bisa mengakses aplikasi, pengguna harus melakukan registrasi dengan mengisi data diri yang dibutuhkan.
Setelah terdaftar dan masuk ke aplikasi melalui tombol log in, pengguna dapat memilih menu Skrining Riwayat Kesehatan.

"Ada 47 pertanyaan tentang kebiasaan dan aktivitas sehari-hari, penyakit yang pernah diidap, riwayat penyakit dalam keluarga peserta, dan pola makan yang harus diisi," kata Jayadi.

Jika pengguna aplikasi tersebut terdeteksi memiliki risiko kesehatan sedang hingga berat, maka akan muncul pemberitahuan untuk segera memeriksakan kesehatan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) tempatnya terdaftar. Akan tetapi jika hasil skrining menunjukkan pengguna memiliki risiko rendah, maka akan tercantum saran-saran kesehatan seperti anjuran pola hidup sehat dan latihan fisik rutin minimal 30 menit setiap hari.

Selain menu skrining, aplikasi milik BPJS Kesehatan tersebut juga menyediakan menu lain untuk mengecek status kepesertaan, data tagihan, lokasi fasilitas kesehatan, dan catatan pembayaran.

Untuk bisa mengakses aplikasi, pengguna harus melakukan registrasi dengan mengisi data diri yang dibutuhkan. (abs)

sumber: TRIBUNJABAR.CO.ID

Berita Tekait

Policy Paper