Tahun Ini, BPJS Ketenagakerjaan Bangun Rusunawa di Makassar

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Badan Pengelola Jaminan Sosial (BPJS) dalam dekat ini akan membangun Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) khusus peserta BPJS Ketenagakerjaan di Makassar.

"Artinya agar pengeluaran pekerja itu bisa minim. Kita ketahui bahwa ada 30-40 persen pekerja dimana gajinya habis untuk transportasi saja," kata Dirut Perluasan Kepesertaan dan Hubungan Antar Lembaga BPJS Ketenagakerjaan, Anda Ilyas Lubis di Balai Kota Makassar, Kamis (9/6/2016).

Anda menambahkan, pembangunan Rusunawa akan dimulai tahun ini dengan mengambil lokasi di sentra perindustrian. "Kita membangun Rusunawa dilihat dari jumlah lokasi yang banyak pekerjanya. Itu salah satu pointnya dan kita sudah mulai jajaki lokasinya dan melihat secara nyata tempatnya," jelasnya.

Bangunan sewa itu nantinya akan disediakan fasilitas umum dan fasilitas sosial untuk menunjang aktivitas pekerja. "Harapnya tahun ini secepatnya sudah bisa dilihat fisiknya. Soal anggaran kita belum bisa pastikan, tapi dalam pembangunan Rusun ini ada sekitar 1 hektar lahan yang kita pakai, yakni pembangunan rusun, fasum, dan fasos," kata dia.

"Terkait pembayarannya, kami tidak memberatkan, cuma saja harus bergabung sebagai peserta BPJS, adapun dana yang kita minta nantinya terkhusus untuk penyajian sarana saja seperti tempat sampah dan petugas kebersihan."

Berita Tekait

Policy Paper