Pelayanan Peserta JKN-KIS Lama di Puskesmas, Apa Sebabnya?

Apa itu Program Rujuk Balik di BPJS Kesehatan?Fachrurrazi menyebutkan ada dua faktor penyebab panjang dan lamanya antrean peserta JKN-KIS mendapatkan pelayanan di FKTP di puskesmas, yakni:

1. Jumlah dokter terbatas

Bila tenaga kesehatan, termasuk dokter, di sebuah FKTP jumlahnya terbatas, ini membuat antrean pasien jadi mengular.

2. Jumlah peserta JKN-KIS berlebihan

"FKTP tersebut memiliki jumlah peserta yang terdaftar amat banyak, berlebih," kata Fachrurrozi kepada Health-Liputan6.com di sela-sela Pertemuan Nasional Pelayanan Primer Tahun 2018 di Jakarta Pusat pada Rabu (18/4/2018).

Solusi atas dua permasalahan di atas, kata Fachrurrazi, adalah kehadiran regulasi yang mengatur rasio jumlah dokter di FKTP. Regulasi tersebut dibuat oleh Kementerian Kesehatan. 

Fachrurrazi juga menyampaikan, jika peserta JKN-KIS merasa mendapatkan pelayanan kesehatan yang kurang memuaskan bisa pindah ke FKTP lain.

"Kalau sudah tahu ramai, kenapa tidak pindah? FKTP tidak hanya puskesmas, bisa juga klinik swasta atau dokter, (karena pindah FKTP) adalah hak asasi peserta," katanya.

Syarat utama untuk pindah FKTP adalah peserta JKN harus sudah terdaftar/aktif selama minimal 3 bulan. Peserta bisa melakukan pengubahan data seperti melakukan pindah fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) lewat aplikasi Mobile JKN. Pengubahan data juga bisa dilakukan ke kantor cabang BPJS Kesehatan terdekat.

Berita Tekait

banner kki

pelatihan perencanaan anggaran jkn3

bl pembiyaan

evaljkn18

monevjkn17

calon fasilitator

cop 01
cop 01
cop 01
policy

Policy Paper