BPJS Kesehatan Mengudara Sosialisasikan Rujukan Online

BPJS Kesehatan Mengudara Sosialisasikan Rujukan Online

PONTIANAK - Uji coba penerapan sistem digitalisasi rujukan atau rujukan online telah selesai pada 31 Oktober 2018, saat ini penerapan sistem rujukan online masuk pada masa transisi dan evaluasi.

Dalam rangka peningkatan pemahaman terkait rujukan online, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Pontianak, Ansharuddin memberikan informasi kepada masyarakat dengan menggandeng pejabat Rumah Sakit Sultan Syarif Muhamad Alkadire Pontianak sebagai narasumber dalam bincang pagi di Radio Sonora 96,7 FM Pontianak (19/11/2018).

"Melalui kegiatan bincang pagi ini diharapkan masyarakat lebih memahami terkait sistem digitalisasi proses rujukan yang sebelumnya dilakukan secara manual. Rujukan online ini tetap mengacu pada sistem rujukan berjenjang namun lebih didukung oleh sistem Informasi dan Teknologi (IT) dengan tujuan memberikan kemudahan tidak hanya bagi peserta tetapi juga bagi fasilitas kesehatan dan BPJS Kesehatan,” ujar Anshar.

Penerapan sistem rujukan online berjenjang sampai saat ini sudah berjalan dengan baik, peserta yang membutuhkan pelayanan kesehatan tetap mengunjungi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dimana peserta terdaftar, setelah itu FKTP akan membantu peserta untuk memilih rumah sakit rujukan sesuai dengan sarana dan prasarana yang dibutuhkan peserta.

Dengan demikian meminimalisir adanya rujukan berulang kepada peserta karena tidak adanya sumber daya manusia ataupun sarana yang dibutuhkan.

Melalui kegiatan bincang pagi ini, pendengar juga diperkenankan mengajukan pertanyaan.

Salah satu pendengar menanyakan bagaimana jika saat peserta datang ke FKTP untuk mengurus rujukan online akan tetapi sedang terjadi masalah misalkan terjadi gangguan jaringan ataupun mati lampu.

sumber: tribunnews

Berita Tekait

banner kki

pelatihan perencanaan anggaran jkn3

bl pembiyaan

evaljkn18

monevjkn17

calon fasilitator

cop 01
cop 01
cop 01
policy

Policy Paper