BPJS Kesehatan Berkomitmen Tingkatkan Kualitas dan Akses Pelayanan di Faskes

KOMPAS.com – Direktur Utama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Ghufron Mukti berkomitmen mendukung peningkatan kualitas serta akses pelayanan sekunder dan tersier pada fasilitas kesehatan (faskes).

Komitmen tersebut disampaikan Ghufron dalam kegiatan Seminar Perumahsakitan di Kota Surabaya, Jawa Timur (Jatim), Rabu (24/5/2023).

Ghufron mengatakan, kinerja BPJS Kesehatan semakin optimal sehingga manfaatnya terasa oleh masyarakat untuk mendapatkan pelayanan di faskes.

“BPJS Kesehatan sudah on the right track. Secara aset neto pun telah positif dan ingin menjaga cash flow rumah sakit,” ujar Ghufron dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (26/5/2023).

Selain itu, lanjut Ghufron, pihaknya berupaya agar BPJS Kesehatan tidak memiliki utang ke rumah sakit. Bahkan, BPJS Kesehatan memberikan uang muka kepada rumah sakit serta turut mendukung kenaikan tarif layanan kesehatan.

“Hal itu kami lakukan agar rumah sakit dapat memberikan pelayanan yang bermutu dan tidak diskriminatif kepada peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)," tegasnya.

Ghufron melanjutkan, cakupan kepesertaan program JKN di Indonesia telah mencapai sekitar 254,90 juta jiwa atau sekitar 92,57 persen dari seluruh penduduk. Seiring peningkatan jumlah peserta, BPJS Kesehatan telah menjalin kerja sama dengan 23.360 faskes tingkat pertama dan 2.943 faskes rujukan.

selengkapnya https://biz.kompas.com

Berita Tekait

Policy Paper