Kendala Pasien JKN di Rumah Sakit Teratasi dengan Bantuan BPJS SATU!

Jakarta - Kehadiran BPJS SATU! atau BPJS Siap Membantu sangat mulai dirasakan manfaatnya oleh peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang berada di fasilitas kesehatan (faskes).

Selain memberikan informasi kehadiran, petugas BPJS SATU! juga dapat menyelesaikan kendala yang terjadi di lapangan bagi peserta JKN yang memiliki hambatan saat mengakses layanan kesehatan di fasilitas kesehatan.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Gorontalo Djamal Adriansyah menjelaskan kehadiran petugas BPJS SATU! merupakan upaya BPJS Kesehatan dalam memberikan kemudahan bagi peserta JKN yang sedang ada di fasilitas kesehatan untuk mendapatkan informasi maupun menyampaikan kendala yang sedang dialaminya secara langsung.

Petugas BPJS SATU! juga akan memastikan peserta JKN yang sedang dalam pelayanan di faskes mendapatkan pelayanan yang maksimal dan sesuai ketentuan.

"Dengan hadirnya petugas BPJS SATU! peserta JKN yang sedang mendapatkan pelayanan di fasilitas kesehatan bisa langsung mengkonfirmasi jika ada yang ingin ditanyakan atau jika terjadi kendala, tanpa harus datang ke kantor cabang BPJS Kesehatan lagi," jelas Djamal, dalam keterangan tertulis, Jumat (22/3/2024).

Djamal melanjutkan petugas BPJS SATU! melakukan aktivitas kunjungan ke faskes di hari kerja yang setiap harinya berbeda beda lokasi. Selain itu, petugas BPJS SATU! juga nantinya akan mengajak setiap peserta JKN yang ditemuinya untuk dapat mengunduh dan memanfaatkan Aplikasi Mobile JKN agar dapat merasakan semakin mudahnya akses layanan sebagai peserta JKN.

"Setiap kunjungannya petugas BPJS SATU! juga mengajak untuk mengunduh dan memberikan edukasi terkait kemudahan yang akan didapatkan peserta jika memanfaatkan Aplikasi Mobile JKN," kata Djamal.

Djamal juga mengatakan peserta JKN yang berada di fasilitas kesehatan dapat mengenali petugas BPJS SATU! dengan sangat mudah. Petugas BPJS SATU! telah dilengkapi dengan identitas atribut berupa rompi berwarna hijau yang terdapat logo BPJS Kesehatan dan bertuliskan 'BPJS SATU! Siap Membantu'.

"Untuk petugas BPJS SATU! agar dapat dikenali dengan mudah oleh peserta JKN, sudah kami lengkapi atributnya dengan pakaian rompi berwarna hijau yang dilengkapi dengan logo dan tulisan besar BPJS SATU!," kata Djamal.

Salah satu peserta JKN yang berada di faskes Asma Suleman, mengungkapkan kehadiran petugas BPJS SATU! di fasilitas kesehatan sangat membantu dirinya. Hal tersebut ia katakan karena petugas BPJS SATU! memberikan informasi terkait alur layanan yang sesuai prosedur sehingga dirinya dapat dilayani dengan baik oleh faskes.

Selain itu, petugas BPJS SATU! menurutnya juga sangat solutif karena bisa menyelesaikan kendala atau permasalahan yang sedang dirinya hadapi secara langsung di tempat sampai dengan selesai.

"Petugas BPJS SATU! menurut saya sangat membantu sekali, kendala saya terkait obat yang tidak tersedia saat ini di rumah sakit diberikan solusi oleh petugas BPJS SATU! bisa dibeli di luar dan dapat diajukan pengembalian biaya oleh pihak rumah sakit," ungkap Asma.

Asma juga menambahkan dengan hadirnya petugas BPJS SATU! membuat pelayanan bagi peserta JKN semakin membaik. Asma juga memberikan apresiasi bagi petugas BPJS SATU! yang sangat sabar dalam menjalani tugasnya saat memberikan informasi maupun saat membantu kendala yang sedang dialami setiap peserta yang berbeda-beda.

"Petugas BPJS SATU! juga sudah sangat baik sekali dan sangat sabar dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan serta dapat menyelesaikan masalah dari masyarakat yang bermacam-macam," ungkap Asma.

Di akhir, Asma menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada petugas BPJS SATU! yang telah membantunya sehingga dirinya tidak perlu harus datang ke kantor BPJS Kesehatan untuk sekedar menanyakan informasi dan juga menyampaikan kendala layanan.

Berita Tekait

Policy Paper