Punya Beragam Manfaat, OJK Sebut Asuransi Perjalanan Penting Dimiliki Masyarakat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyatakan asuransi perjalanan penting dimiliki masyarakat saat bepergian.

Kepala Eksekutif Pengawasan Perasuransian, Penjaminan dan Dana Pensiun OJK Ogi Prastomiyono mengatakan, asuransi perjalanan merupakan jenis asuransi yang banyak dijual oleh industri asuransi Indonesia.

Dia menyebut asuransi itu mempunyai beragam manfaat sehingga diperlukan masyarakat.

"Misalnya, repatriasi apabila terjadi risiko sakit pada saat perjalanan, kehilangan bagasi, kecurian, dan lain-lain. Manfaat-manfaat itu penting dimiliki oleh orang yang melakukan perjalanan wisata karena sangat sesuai dengan kebutuhan masyarakat," ungkapnya dalam lembar jawaban tertulis RDK OJK, Kamis (11/7).

Terlebih, sektor pariwisata merupakan salah satu sektor unggulan yang dimiliki Indonesia.

Oleh karena itu, Ogi menyebut OJK sangat mendukung apabila masyarakat sudah tergerak untuk mendapatkan perlindungan perjalanan sebagai salah satu representasi dari literasi keuangan yang meningkat di tengah masyarakat.

Selain itu, dengan banyaknya aplikasi online pembelian tiket angkutan udara, darat, dan laut, serta hotel, Ogi menyampaikan makin mempermudah masyarakat dalam membeli produk asuransi perlindungan perjalanan yang mayoritas sudah bundling dengan aplikasi tersebut. 

Sebagai informasi, asuransi perjalanan masuk dalam lini bisnis miscellaneous atau aneka. Adapun berdasarkan data Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI), pendapatan premi lini tersebut pada kuartal I-2024 mencapai Rp 1,54 triliun.

Nilai itu meningkat 24,9%, jika dibandingkan pencapaian pada periode sama tahun lalu.

Berita Tekait

Policy Paper