Pemko Pekanbaru Raih Penghargaan UHC Tahun 2024

PEKANBARU- Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru meraih Penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Tahun 2024 dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).

Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Ma'aruf Amin dan diterima oleh Pj Walikota Pekanbaru melalui Plt Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru, Ingot Ahmad Hutasuhut di Krakatau Grand Ballroom Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Kamis, (8/8/2024).

UHC Award merupakan bentuk apresiasi pemerintah pusat atas komitmen pemerintah daerah dalam memberikan perlindungan dan jaminan kesehatan bagi masyarakatnya.

Wakil Presiden Republik Indonesia Ma'aruf Amin menyampaikan apresiasi kepada seluruh pemerintah daerah (Pemda), termasuk Pemko Pekanbaru, karena telah memenuhi target capaian UHC yang ditetapkan. Melalui penghargaan ini, ia berharap dapat memotivasi semua daerah di Indonesia untuk meningkatkan jumlah peserta dan jaminan kesehatan bagi masyarakat.

"Pencapaian UHC di berbagai daerah ini menunjukkan komitmen negara dalam memberikan jaminan kesehatan bagi masyarakat Indonesia. Alhamdulillah saat ini kita sudah mencapai target dan tentunya kedepan akan terus kita tingkatkan kualitasnya, demi mewujudkan kesehatan masyarakat di Indonesia yang merata," jelasnya.

Sementara itu, Plt Sekretaris Diskes Kota Pekanbaru, Fira Septiyanti menyampaikan, penghargaan ini berhasil diraih Pemko Pekanbaru karena telah melakukan pembiayaan kesehatan masyarakat melalui JKN KIS (Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat) dengan persentase mencapai 99,24 persen.

"Pencapaian Kota Pekanbaru per 1 Agustus 2024 sebesar 99,24 persen dan melebih target pencapaian yang ditetapkan Pemerintah Pusat, yakni 95 persen," jelasnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan penghargaan ini menunjukkan komitmen luar biasa dari seluruh jajaran Pemko Pekanbaru di bawah arahan Walikota Pekanbaru, yang mampu memberikan perlindungan dan jaminan kesehatan masyarakat. 

"Pemko Pekanbaru berhasil meraih Penghargaan UHC Tahun 2024 untuk pertama kalinya. Tetapi, target Pemko Pekanbaru adalah mengejar target agar seluruh masyarakat terbebaskan dari rasa takut untuk berobat maupun rasa takut akan biaya berobat. Karena itu, penghargaan ini juga akan menjadi motivasi bagi kita untuk memaksimalkan program jaminan kesehatan untuk kesejahteraan masyarakat," pungkasnya. (Kominfo10/RD5)

Berita Tekait

Policy Paper