BPJS Kesehatan Apresiasi Pemkot Tanjungbalai Pertahankan UHC

KBRN, Tanjungbalai: Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Kisaran, Sri Widyastuti, mengapresiasi Pemerintah Kota (Pemkot) Tanjungbalai. Apresiasi atas prestasi  mempertahankan gelar Universal Health Coverage (UHC) dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

"Kami tentunya sangat bangga dengan capaian Pemerintah Daerah Kota Tanjungbalai yang telah memberikan perlindungan jaminan kesehatan yang baik kepada masyarakatnya sejak Januari 2023 dan hingga Agustus 2024. Masyarakat Kota Tanjungbalai terus merasakan berbagai kemudahan yang iurannya ditanggung oleh Pemko Tanjungbalai. Ini patut diapresiasi," kata Sri, Kamis (8/8/2024). 

Sri menyebut, sebanyak 178.147 dari total 183.636 penduduk Kota Tanjungbalai telah terlindungi oleh Program JKN dengan pencapaian  97,01 persen, yang berarti melebihi target nasional sebesar 95 persen. Namun Sri mengakui, tugas pihaknya belum selesai. 

"Masih terdapat sekitar 5.489 jiwa yang belum mendapatkan jaminan kesehatan. Kami terus berupaya agar jumlah peserta JKN terus meningkat. Sehingga semua warga Kota Tanjungbalai mendapatkan hak mereka dalam perlindungan kesehatan," ujarnya.

Sri pun berharap, tidak ada lagi alasan masyarakat tidak dapat diobati karena biaya atau pelayanan yang tidak memadai dan data peserta JKN lebih tepat sasaran, sehingga tidak ada warga yang kesulitan mengakses layanan kesehatan.

Berita Tekait

Policy Paper